Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Kehadiran Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen, Dr. M. Hidayat Nur Wahid pada G20 Speakers’ Consultation, Ottawa, Kanada, 2-5 September 2010

Ketua BKSAP DPR RI, Dr. M. Hidayat Nur Wahid, sebagai Ketua Delri telah menghadiri G20 Speakers’ Consultation di Ottawa, Kanada, 2-5 September 2010. Dr. M. Hidayat Nur Wahid hadir bersama-sama Ketua Parlemen dari negara-negara anggota G-20 dan non G-20 memenuhi undangan Ketua Senat Kanada, the Honourable Noel Kinsella untuk dapat memberikan masukan kepada pemimpin negara dan pemerintah anggota maupun non-anggota G20 mengenai tindak lanjut dari hasil-hasil dan rekomendasi KTT G20 di Toronto bulan Juni yang lalu.

Pertemuan telah membahas topik:

  1. Strategi kolaborasi global untuk memenuhi kebutuhan produksi dan distribusi pangan;
  2. Paradigma Baru untuk Perdamaian dan Ketahanan Pangan;
  3. Model ekonomi dan financial global untuk pemajuan stabilitas ekonomi global.

Dalam kesempatan presentasinya mengenai “Paradigma Baru untuk Perdamaian dan Ketahanan Pangan”, Ketua Delri antara lain menegaskan bahwa lingkungan yang damai dan stabil di setiap negara merupakan prasyarat penting bagi terwujudnya ketahanan pangan yang berkelanjutan. Selanjutnya Ketua Delri menghimbau agar para pemimpin G-20 dapat memberikan peran dan keterlibatan yang lebih kepada para petani dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan pembangunan agrikultur nasional. Mengakhiri presentasinya, Ketua Delri merekomendasikan agar masyarakat internasional memperbolehkan negara-negara berkembang untuk melindungi produk-produk kunci pertanian dan ketahanan pangan nasional dari liberalisasi pasar.

Di sesi penutupan, Noel Kinsella, Ketua Senat Kanada, menyampaikan apresiasi kepada para Pimpinan sesi sidang, para Presenter serta Delegasi yang telah hadir di pertemuan tersebut. Diharapkan pertemuan ini dapat menjadi tonggak awal bagi pertemuan konsultasi Parlemen G20 di masa mendatang. Diharapkan sejumlah ide, proposal dan inisiatif yang disampaikan di Pertemuan kali ini, dapat ditindaklanjuti oleh Peserta pertemuan di negara masing-masing.

Sementara itu, Park Hee Tae, Ketua Majelis Nasional Republik Korea menyampaikan bahwa Korea akan menyelenggarakan pertemuan kedua G20 Speakers’ Consultation seusai dilaksanakannya KTT G20 bulan November 2010. Diindikasikan pertemuan akan dilaksanakan tahun 2011.