Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

NTB Tuan Rumah Pertemuan Menlu ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM–Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah pertemuan Menteri Luar Negeri tingkat ASEAN, yang dijadwalkan 15-17 Januari mendatang. Juru Bicara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H Lalu Moh Faozal, di Mataram, Kamis, mengatakan, pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) tingkat ASEAN itu akan digelar di Hotel The Oberoi Lombok dan Hotel Vila Ombak di Gili Trawangan.

“Pertemuan internasional itu akan diawali di Hotel The Oberoi Lombok kemudian dilanjutkan di Hotel Vila Ombak di Gili Trawangan, yang dijadwalkan akan dihadiri para Menlu ASEAN beserta sekretarisnya,” ujarnya.

Hotel The Oberoi Lombok merupakan hotel bintang lima plus, yang berlokasi di Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, sekitar 30 kilometer arah utara Kota Mataram.

Sementara Gili Trawangan merupakan pulau kecil yang memiliki luas 360 hektare dengan panjang tiga kilometer dan lebar dua kilometer, dan dihuni sekitar 800 jiwa. Pulau itu merupakan kawasan wisata yang sudah dikenal luas kalangan wisatawan mancanegara maupun domestik, yang setiap tahun pengunjungnya mencapai ribuan orang. Gili Trawangan dapat ditempuh hanya 15 menit jika menggunakan speedboat atau 50 menit dengan perahu bermesin dari pantai Pelabuhan Pemenang di Kabupaten Lombok Utara.

Sehari sebelumnya, yakni 14 Januari 2011, kata Faozal, akan digelar pertemuan Komite Wakil Tetap untuk ASEAN, yang akan digelar di The Santosa Hotel, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. Terkait pertemuan Komite Wakil Tetap ASEAN itu, juga akan digelar workshop media mengenai ASEAN baru dan pemanfaatan kerja sama ASEAN untuk kepentingan Provinsi NTB, yang juga dijadwalkan 14 Januari.

Red: Siwi Tri Puji B

Sumber: Republika.co.id