Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Pencapaian MDGs Penting bagi Seluruh Rakyat ASEAN

Mengawali tahun 2011, ASEAN menyelenggarakan pertemuan konsultasi lintas sektoral badan-badan sektoral ASEAN untuk membahas kemajuan pencapaian Target-target Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals / MDGs). Diselenggarakan pada tanggal 10 Januari 2011 di Sekretariat ASEAN, pertemuan yang baru pertama kalinya dilaksanakan tersebut dipimpin oleh Duta Besar Ngurah Swajaya, Wakil Tetap RI untuk ASEAN. Pertemuan tersebut dihadiri oleh seluruh Wakil Tetap Negara-negara ASEAN dan para Ketua dari 14 Badan Sektoral ASEAN. Kepala ASEAN Regional Center of Excellence on MDGs dari Asian Institute of Technology, Dr. Alessandro Calvani; Senior Advisor UNDP Asia Pacific Regional Center, Dr. Arun Kashyap dan Senior Officer ASEAN Secretariat, Mega Irena.

Tujuan pertemuan konsultasi ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan koherensi program kegiatan berbagai badan sektoral ASEAN disamping mengidentifikasi isu-isu lintas sektoral dalam bidang-bidang kerja masing-masing badan. Upaya ini dipandang penting guna memastikan pencapaian seluruh target MDGs pada tenggat waktu yang ditentukan di kawasan Asia Tenggara.

Pertemuan mencatat berbagai kemajuan yang dicapai oleh Negara-negara ASEAN dalam pencapaian target-target MDGs. Secara umum, hamper semua Negara ASEAN berada di jalur yang tepat dalam pelaksanaan program-program MDGs. Dari 8 target MDGs, kemajuan penting terlihat pada target Penurunan Angka Kematian Anak. Pertemuan juga membahas beberapa kendala yang ditemui dalam rangka pencapaian MDGs. Dalam hal ini, forum mencatat bahwa walaupun ASEAN mampu mengatasi krisis keuangan, namun dampak sampingnya telah mempengaruhi kinerja pencapaian target-target MDGs. Sebab-sebab lain seperti bencana alam dan cuaca ekstrim juga dipandang sangat mempengaruhi kemajuan program-program MDGs. Untuk itu, forum menyepakati perlunya koordinasi penanganan isu-isu lintas sektoral sehingga ASEAN tetap on track dalam pencapaian target-target MDGs.

Duta Besar Ngurah Swajaya, selaku Ketua Sidang pada konsultasi tersebut menyatakan bahwa pertemuan ini sangat penting sebab berkaitan langsung dengan isu-su yang menyangkut kepentingan seluruh rakyat di kawasan Asia Tenggara. Hal ini sejalan dengan prioritas Indonesia selaku Ketua ASEAN yang bertujuan menempatkan ASEAN sebagai lembaga yang melayani kepentingan seluruh rakyat Asia Tenggara. Pencapaian target-target MDGs akan mendorong upaya-upaya bersama menuju pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015. (sumber: PTRI ASEAN)