Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Indonesia Kekuatan Pendorong, kata Sekjen ASEAN

Sekjen ASEAN, Surin Pitsuwan

Jakarta (ANTARA News) – Sekertaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan, Minggu, memandang sangat penting posisi Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dalam konflik perbatasan Thailand-Kamboja.

“Indonesia telah mendorong setidaknya misi yang sangat penting untuk membuat proses perdamaian Thailand-Kamboja berjalan,” kata Surin kepada wartawan usai Penutupan KTT ASEAN.

Surin mengatakan, peran Indonesia dalam mencipta kesepakatan dan penyelesaian damai dalam konflik itu demikian besar.  Oleh karena mereka yang ingin bekerja mewujudkan kedamaian harus memiliki komitmen serupa dengan Indonesia itu, sambungnya.

“Tak ada satu pihak pun yang bisa masuk ke persoalan itu. ¬†Kita harus memahami dan berada pada kedua belah pihak (netral),” katanya.

Sekjen ASEAN asal Thailand Selatan yang beragama Islam itu menilai banyak badan ASEAN yang bisa menyelesaikan persengketaan-persengketaan dan setiap anggota ASEAN harus aktif untuk merundingkan persoalan-persoalan itu.

Surin Pitsuwan lahir di Nakhon Si Thammarat, Thailand, pada 28 Oktober 1949. Menjabat Sekretaris Jendral ASEAN sejak 2006.

Ia adalah warga negara Thailand dan berasal dari etnik minoritas Melayu Patani di Thailand Selatan yang mayoritas muslim.

Dia meraih doktor dari Universitas Harvard, Amerika Serikat pada 1982. Pitsuwan juga pernah menjabat Menteri Luar Negeri Thailand. (*)

yudha

Sumber: LKBN Antara – www.antaranews.com