Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Press Release: Partisipasi KBRI Ottawa pada Asian Heritage Month Gala 2011

Tari Saman dari Aceh

KBRI Ottawa telah berpartisipasi dalam 9th Asian Heritage Month (AHM) Gala Concert 2011 di Canadian Museum of Civilization, Ottawa, tanggal 3 Juni 2011.  AHM Gala Concert diselenggarakan oleh Ottawa Asian Heritage Month Society (OAHMS)

Tahun ini, Indonesia adalah diantara negara Asia yang diundang meramaikan Gala Concert. Pertunjukan Indonesia selalu menjadi Grand Finale (puncak pertunjukan) karena panitia menilai Indonesia mampu menyajikan pertunjukan yang unik dan memukau. Selain Indonesia, para penampil antara lain  kelompok seni tari India inDance, pemain piano, biola dan cello dari orkestra National Arts Centre serta penyanyi populer Filipina.

Tari Anging Mamiri dari Sulawesi Tenggara

AHM Gala Concert merupakan puncak acara seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan berbagai lembaga nasional bekerjasama dengan Komunitas Asia untuk merayakan  bulan Mei sebagai Bulan Asia.  Peringatan tersebut mencerminkan keanekaragaman budaya masyarakat Kanada yang kuat dengan mempersembahkan tradisi leluhur dan modern, antara lain, pertunjukan kesenian,  sinematografi, fotografi, kesusasteraan, multimedia, serta program pendidikan untuk generasi muda.

Gubernur Jenderal Kanada, David Johnston, menyatakan bahwa orang Kanada sangat beruntung hidup dalam sebuah masyarakat yang terbuka dan menghargai budaya para leluhur. AHM merupakan  kesempatan yang baik untuk memberikan penghargaan kepada warga keturunan Asia atas kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Kanada.  Senator Vivienne Poy, penggagas inisiatif AHM, menyampaikan, bahwa perayaan AHM di Ottawa merupakan etalase keanekaragaman budaya di Ottawa yang mempererat jejaring antara kelompok Pan-Asia serta meningkatkan dialog dan kerjasama antar-warga, organisasi dan institusi.  Selain itu, penghargaan kepada Komunitas Asia di Ottawa meningkatkan kesadaran tentang kontribusi warga keturunan Asia terhadap kemajuan Kanada selama sepuluh tahun terakhir.

Indonesia menampilkan Tari Nusantara secara medley, dari Aceh (Saman), Sumatera Selatan (Gending Sriwijaya),  Sulawesi Tenggara (Anging Mamiri) dan Bali (Kecak), diiringi nyanyian dan musik langsung Kolintang serta gamelan Bali.   Persembahan Indonesia mendapat sambutan meriah dari hadirin dan apresiasi yang dalam dari Panitia penyelenggara.  Ketua Panitia, Sdr. Alek Choo, menyatakan tampilan Indonesia sebagai puncak acara telah memukau penonton sehingga memberikan kesan semarak dan meriah di Gala Concert tersebut.

Tari Kecak dari Bali

Keikutsertaan Indonesia dalam Perayaan AHM di Ottawa merupakan upaya promosi budaya dan pariwisata Indonesia, guna melestarikan budaya Indonesia di luar negeri dengan memperkaya keanekaragaman budaya sebagai ciri khas masyarakat Kanada. Hal ini akan mempererat hubungan kedua bangsa melalui kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan, dalam hal ini OAHMS.

Foto-foto penampilan Tari Nusantara pada AHM Gala 2011 dapat dilihat di sini