Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Press Release: Penyelenggaraan the 8th ASEAN – Canada Dialogue

Vancouver, Kanada, 2-3 Juni 2011

The 8th ASEAN – Canada Dialogue telah diselenggarakan di Vancouver, Kanada pada tanggal 2-3 Juni 2011. Pertemuan dihadiri oleh para Pejabat Tinggi dari seluruh negara anggota ASEAN, Delegasi Kanada dan perwakilan Sekretariat ASEAN. Delegasi RI pada Pertemuan ini diketuai oleh Sekretaris Ditjen Kerjasama ASEAN didampingi Dubes RI di Ottawa dan Direktur MWAK, beranggotakan Pejabat/ Staf dari lingkungan Ditjen KSA, PTRI ASEAN, KBRI Ottawa dan KJRI Vancouver.

Dialog ke-8 ASEAN–Kanada diketuai secara bersama oleh Ketua SOM Thailand selaku country-coordinator dan Kanada yang diwakili oleh Assistant Deputy Minister, Asia and Chief Trade Commisioner, DFAIT. Pertemuan membahas agenda mengenai perkembangan terkini ASEAN, antara lain tentang hasil-hasil KTT ke-18 ASEAN; Review terhadap Kerjasama ASEAN-Kanada, termasuk rencana aksesi Kanada terhadap third protocol-Treaty of Amity and Cooperation (TAC) dan Deklarasi Bersama mengenai Kerjasama Perdagangan dan Investasi; Pertukaran pandangan mengenai isu-isu regional dan global, termasuk arsitektur kawasan, penanganan bencana dan ketahanan pangan dan energi  serta persiapan ASEAN PMC 10+1 dengan Kanada di Bali bulan Juli mendatang.

Sebagai side-event dari Dialog ke-8 ASEAN-Kanada ini, telah diadakan pula secara back-to-back kegiatan Track 1.5–Informal Discussion on ASEAN-Canada Cooperation yang membahas isu-isu utama : connectivity, kerjasama bidang pendidikan dan prospek hubungan ASEAN-Kanada. Kegiatan yang difasilitasi the Asia-Pacific Foundation of Canada (APF) ini bertujuan untuk mengidentifikasi topik-topik bagi prakarsa Track 2 ke depan, melalui komunikasi intensif antara sektor pemerintah dengan akademisi (think-tank).

Dialog ke-8 ASEAN–Kanada ini sepakat untuk memperkuat kerjasama lebih lanjut di bidang-bidang prioritas dalam Plan of Action to Implement the ASEAN-Canada Enhanced Partnership 2010-2015 yang mencakup antara lain pembangunan kapasitas, SDM, pendidikan, teknologi, connectivity dan manajemen lintas-perbatasan. Dalam kaitan ini, Pertemuan menyetujui pula sejumlah program/ kegiatan yang diusulkan untuk mendukung perayaan ke-35 hubungan ASEAN-Kanada di tahun 2012.

Secara umum, Dialog ke-8 ASEAN–Kanada telah memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada Kanada sebagai Mitra Wicara ASEAN, mengenai dinamika dan kemajuan yang tengah terjadi di kawasan Asia Tenggara serta peran ASEAN yang menentukan bagi pembentukan regional architecture saat ini. Pertemuan telah menegaskan pula posisi ASEAN di hadapan Pemerintah Kanada sebagai entitas di kawasan yang penting dan patut diperhitungkan, khususnya dikaitkan dengan konteks pengembangan dan penguatan kemitraan ASEAN – Kanada yang telah terjalin selama ini.

Sehari sebelum penyelenggaraan Dialog ke-8 ASEAN–Kanada, Delegasi RI telah berpartisipasi pada kegiatan Diskusi bersama APF yang diprakarsasi oleh KJRI Vancouver. Pada kesempatan Diskusi ini, Sesditjen Kerjasama ASEAN memaparkan topik “Indonesia’s Chairmanship of ASEAN and the Outcomes of the 18th ASEAN Summit”. Isu lainnya yang dibahas adalah mengenai KTT Asia Timur (East Asia Summit/ EAS) yang paparannya disampaikan oleh Direktur MWAK (Mitra-Wicara dan Antar-Kawasan).

Dalam diskusi ini, terdapat beberapa isu yang mengemuka dan menjadi perhatian khusus para peserta, antara lain mengenai dampak konflik internal dan eksternal bagi kelangsungan kestabilan kawasan, rencana pembentukan lembaga ASEAN bidang perdamaian dan rekonsiliasi, prospek ASEAN Connectivity, implikasi perluasan keanggotaan ASEAN dan isu-isu lainnya terkait dengan upaya pembentukan Komunitas ASEAN tahun 2015.

Sebagai bagian dari upaya outreach kepada seluruh pemangku kepentingan, di sela-sela Dialog ke-8 ASEAN–Kanada ini, Delegasi RI bersama Dubes RI di Ottawa berkesempatan mengadakan kegiatan sosialisasi dan bertatap muka dengan masyarakat Indonesia yang bermukim di Vancouver dan sekitarnya. Dalam kegiatan yang bertempat di Kantor KJRI Vancouver ini, telah disampaikan kepada masyarakat Indonesia, informasi mengenai visi-misi Keketuaan Indonesia untuk ASEAN dan Hasil-hasil KTT ke-18 ASEAN serta Kerjasama ASEAN dengan Mitra Wicara-nya. Kegiatan ini mendapatkan penghargaan dan tanggapan yang positif, serta dipandang sebagai forum bagi peningkatan pemahaman masyarakat Indonesia di Kanada mengenai ASEAN secara utuh dan menyeluruh.

Vancouver, 3 Juni 2011

Sumber: Kemlu RI – www.kemlu.go.id