Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Press Release: KBRI Ottawa Menyelenggarakan Pertemuan Silahturahmi & Penyuluhan Kekonsuleran Bagi Masyarakat Indonesia

Sesuai Undang-Undang Hubungan Luar Negeri No. 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, Bab V Pasal 18 s/d Pasal 24 tentang Perlindungan kepada WNI, dan Peraturan Menteri Luar Negeri No. 04 Tahun 2008 Tentang Pelayanan Warga Pada Perwakilan RI di Luar Negeri, KBRI Ottawa menyelenggarakan Pertemuan Silahturahmi dengan Masyarakat Indonesia di Kota St. John’s Propinsi Newfoundland and Labrador pada tanggal 13 Juli 2011 yang dihadiri oleh 20 orang, Penyuluhan Kekonsuleran bagi Masyarakat Indonesia di Kota Halifax, Propinsi Nova Scotia pada tanggal 14 Juli 2011 yang dihadiri oleh 17 orang dan Penyuluhan Kekonsuleran bagi Masyarakat Indonesia di Kota Moncton, Propinsi New Brunswick pada tanggal 15 Juli 2011 yang dihadiri oleh 14 orang.

Dalam kesempatan ini, Duta Besar RI bersama Pelaksana Fungsi Konsuler menyampaikan penjelasan Kekonsuleran guna meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia di luar negeri, dengan demikian diharapkan masyarakat Indonesia mengerti dan mengetahui hak-hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia, selain itu dapat menghormati dan mentaati peraturan di negara akreditasi sehingga dapat menjaga nama baik Bangsa dan Negara Indonesia.

Dalam kegiatan penyuluhan kekonsuleran terkait perlindungan WNI, telah dijelaskan antara lain:

  1. Lapor diri dan Registrasi WNI di Luar Negeri
  2. Legalisasi
  3. Pengurusan Paspor
  4. Perkawinan
  5. Perceraian
  6. Keimigrasian, sesuai dengan undang-undang no. 6 tahun 2011         (terbaru)
  7. Kewarganegaraan Ganda untuk Anak dibawah usia 8 tahun sesuai dengan undang-undang no. 12 tahun 2006

Usai pemaparan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan Masyarakat Indonesia yang sangat antusias untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah keimigrasian menyangkut ex. Warga Negara Indonesia dan perkawinan campur, berdasarkan Undang-undang No. 12 tahun 2006 Pasal 4 butir L.  Acara ditutup dengan foto bersama seluruh masyarakat Indonesia yang hadir dan pemberian cinderamata dari KBRI Ottawa kepada Koordinator Masyarakat Indonesia di Kota tujuan Penyuluhan dan Warung Konsuler.

Sebelumnya, KBRI Ottawa telah menyelenggarakan Acara Kegiatan Penyuluhan dan Warung Konsuler di Kota Edmonton, Propinsi Alberta, pada bulan Februari 2011, di Kota Victoria, Propinsi British Colombia, pada April 2011, di Kota St. John’s, Propinsi Newfoundland and Labrador pada Mei 2011.  Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman tentang hukum dan peraturan kekonsuleran dalam rangka mendukung misi Pemerintah RI untuk memberikan pelayanan dan perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia di negara akreditasi.