Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Press Release: Indonesian Children and Youth Choir tampil memukau pada Festival 500 Sharing the Voices

Kali ini, Indonesia melalui anak-anak yang tergabung dalam kelompok paduan suara Cordana, di bawah asuhan ibu Aida Swenson berhasil memikat ribuan penonton “Festival 500 Sharing the Voices” di St. John’s, Provinsi Newfoundland and Labrador, Kanada. Indonesia diundang sebagai tamu dalam Festival paduan suara internasional tersebut, yang merupakan acara “8th Biennial International Festival of Choral Music and Celebration of Song”.  Paduan suara Cordana telah tampil memukau para penonton, karena dapat memadukan secara apik antara unsur seni dan budaya yang mencerminkan keanekaragaman budaya Indonesia, terinspirasi dari Bhineka Tunggal Ika, unsur koreografi, kemampuan menyanyi yang profesional diiringi alat-alat musik tradisional, sehingga menciptakan karya yang indah.
Festival ini diadakan sekali dalam dua tahun dan merupakan ajang kolaborasi berbagai seni budaya dan seni musik bangsa-bangsa melalui paduan suara, guna lebih memperat hubungan persahabatan bangsa-bangsa dan menggambarkan masyarakat Kanada sebagai negara yang friendly yang menerima budaya multi-etnik.

Festival ini diikuti selain tuan rumah Kanada juga dari Amerika Serikat, Afrika Selatan, Filipina, Finlandia, Indonesia, Inggris dan Swedia.

Penampilan Indonesia selalu ditunggu baik oleh panitia penyelenggara maupun oleh penonton. Berbaur dengan negara asing lain, Indonesia aktif berpartisipasi dalam kegiatan people-to-people dalam  “Festival 500 Sharing the Voices” di St. John’s. Hal ini sebagai wujud proaktif Indonesia dalam kegiatan internasional Kanada yang bekerjasama dengan berbagai bangsa dan negara asing lainnya.

Indonesia tampil memukau dalam paduan suara yang bernafaskan budaya nusantara, lagu-lagu yang enak didengar, tari kolosal yang mempesona, mengundang decak kagum dan standing ovation para penonton termasuk Lieutenant Governor General Provinsi Newfoundland and Labrador, His Honour the Honourable John C. Crosbie dan Direktur Festival Kanada, Mr. Harry Connors.

Festival 500 Sharing the Voices” terbukti ampuh sebagai sarana untuk membangun citra Indonesia dan meningkatkan diplomasi publik sekaligus sebagai ajang promosi kepada masyarakat Kanada dan bangsa lainnya. Secara langsung, hal ini juga berdampak pada peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Kanada di berbagai sektor terutama bidang budaya dan pariwisata.

Indonesia mendapat banyak apresiasi sepanjang festival berlangsung, termasuk saat kunjungan kerja Dubes RI ke Propinsi dari Newfoundland and Labrador, yang bertepatan dengan berlangsungnya festival tersebut. Penghargaan disampaikan kepada Dubes RI mulai dari pejabat pemerintah Propinsi, anggota parlemen, para pengusaha hingga Walikota St. John’s dan masyarakat kota St. John’s. Gaung dari performance paduan suara Cordana yang tampil prima tersebut begitu menggema, sehingga menimbulkan keinginan kuat bagi semua orang untuk mengunjungi Indonesia untuk melihat lebih banyak keindahannya seperti yang ditunjukkan oleh Paduan Suara tersebut.

St. John’s, 13 Juli 2011