Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Upacara Pengibaran Bendera Asean di KBRI Ottawa

KBRI Ottawa, 18 Agustus 2011

Sesuai dengan Guidelines on the Use of ASEAN Flag, ASEAN Coordinating Council (ACC), pada tanggal 8 Agustus 2011 bertepatan dengan Hari Jadi ASEAN ke 44, KBRI Ottawa telah mengibarkan bendera ASEAN di halaman kantor KBRI Ottawa berdampingan dengan bendera Indonesia.

Upacara Pengibaran Bendera ASEAN di halaman kantor KBRI Ottawa baru dapat diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2011. Upacara dipimpin oleh Duta Besar RI dan dihadiri oleh High Commissioner the State of Brunei Darussalam; Duta Besar Republic of the Union of Myanmar; Duta Besar the Kingdom of Thailand; Charg√© d’ Affaires, a.i. the Republic of the Philippines; Wakil Duta Besar Japan; Wakil Duta Besar the Republic of Korea; Acting Director General for South, Southeast Asia and Oceania, DFAIT; anggota Working Group ASEAN Committee in Ottawa (ACO); para Staf dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Ottawa serta masyarakat Indonesia di Ottawa dan Montreal.

Penaikan bendera ASEAN dilakukan dengan diiringi ASEAN Anthem yang dinyanyikan bersama oleh seluruh peserta upacara dan dilanjutkan dengan Sambutan dari Duta Besar RI.

Dalam sambutannya, Dubes RI menyampaikan peranan ASEAN yang semakin signifikan di kawasan dan global dan visi Indonesia selaku Ketua ASEAN 2011, bersama-sama negara-negara anggota ASEAN lainnya dalam mencapai Komunitas ASEAN 2015 dan beyond 2015. Dalam kaitan ini, pengibaran bendera  ASEAN merupakan suatu bentuk komitmen dan solidaritas negara-negara ASEAN untuk bersatu mencapai satu Komunitas ASEAN. Pengibaran bendera ASEAN diharapkan akan meningkatkan profil dan awareness mengenai ASEAN di negara-negara sahabat khususnya di Kanada selaku salah satu mitra wicara ASEAN. Selain hal-hal tersebut di atas, Duta Besar RI juga menyampaikan arti warna dan gambar dalam bendera ASEAN.

Upacara pengibaran bendera ASEAN di KBRI Ottawa merupakan upacara yang pertama kali dilakukan oleh perwakilan ASEAN di Ottawa. Dengan demikian posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN di tahun 2011 dapat terefleksikan.

Sumber: KBRI Ottawa