Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Press Release : Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-66 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2011 pada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa 17 Agustus 2011

Pada tanggal 17 Agustus 2011, KBRI Ottawa telah menyelenggarakan    Upacara Pengibaran Bendera dan Penurunan Bendera di halaman kantor KBRI Ottawa. Dubes RI untuk Kanada, Dienne H Moehario bertindak selaku Pembina Upacara.  Upacara diikuti oleh seluruh staf dan anggota Dharmawanita KBRI Ottawa serta masyarakat Indonesia di Ottawa dan Montreal.

Pada upacara tersebut, Dubes RI untuk Kanada menyampaikan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-66 Proklamasi Kemerdekaan RI, yang pada pokoknya menyampaikan keberhasilan bangsa Indonesia menghadapi hambatan dan tantangan yang telah dilalui serta pencapaian bangsa Indonesia pada ulang tahunnya yang ke-66, seperti penanganan krisis ekonomi global dan Pemilu demokratis sejak tahun 1999 serta pertumbuhan ekonomi yang positif.

Selain itu, ditekankan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk menegakkan prinsip negara hukum, memberantas korupsi dan terorisme, meningkatkan pertahanan, memberikan perlindungan kepada TKI, meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan, mendorong pembangunan yang berorientasi pada pada pro-pertumbuhan (pro-growth), pro-lapangan kerja (pro-job), pro-pengurangan kemiskinan (pro-poor) dan pro-lingkungan (pro-environment). Di tingkat regional dan global, peran Indonesia semakin signifikan sebagai Ketua ASEAN tahun 2011 dan peran aktif Indonesia di G-20. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang mampu hidup dalam kemajemukan.

Upacara bendera HUT RI ke-66 berlangsung dengan lancar dan hikmat dan kegiatan tersebut ditutup dengan Buka Puasa bersama seluruh jajaran KBRI Ottawa dan masyarakat Indonesia di Ottawa dan Montreal. Kegiatan rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun ke-66 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2011, yakni resepsi diplomatik dan resepsi masyarakat, akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2011 dan 17 September 2011.(LS/KBRI Ottawa)