Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Indonesia Berpartisipasi pada 2011 Mining Initiative

Indonesia ikut berpartisipasi pada 2011 Mining Initiative yang berlangsung pada tanggal 21-22 September 2011 di Montreal. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Global Development Forum (GDF), institusi swasta di Kanada yang bergerak di bidang pembangunan ekonomi. 2011 Mining Initiative diselenggarakan untuk memfasilitasi kemitraan dan kerjasama antara pemangku kepentingan di bidang pertambangan khususnya dalam menciptakan jejaring (network) antar para pelaku bisnis dan antara pemerintah dengan pelaku bisnis.

Pertemuan dikemas dengan presentasi dari berbagai pelaku bisnis dan pemerintah serta akademisi di bidang pertambangan seperti Centre for Excellence in Mining Innovation (CEMI), Shaw Environmental & Infrastructure Group, Toronto Stock Exchange & TSX Venture, Minesonline.com, Ernst & Young, New Millennium Iron Corp, Kementerian Pembangunan Ekonomi, Inovasi dan Ekspor Quebec (MDEIE) serta Universitas McGill Montreal. Isu-isu yang diangkat pada diskusi antara lain inovasi pertambangan, perencanaan strategis pertambangan, teknik manajemen proyek pertambangan, supply chain, pemasaran proyek pertambangan via internet dan peluang investasi di pertambangan global.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral, Kementerian ESDM, Dede Ida Suhendra mendapat satu sesi khusus untuk menyampaikan potensi pertambangan di Indonesia. Dalam kesempatan ini, delegasi Indonesia menjelaskan  mengenai outlook mineral di tanah air, regulasi dan kebijakan Pemerintah RI serta potensi kerjasama, khususnya pembangunan unit-unit pengolahan/pemurnian mineral di dalam negeri untuk mengolah bahan mentah hasil tambang (raw material), yang saat ini masih kurang jumlahnya di Indonesia, untuk meningkatkan nilai tambah, sesuai yang diamanatkan didalam UU no. 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Selain itu, delegasi Indonesia mengundang kerjasama di bidang riset geologi khususnya eksplorasi laut dalam capacity building dan keselamatan pertambangan.

Pada akhir kegiatan, delegasi Indonesia melakukan pertemuan khusus dengan Pemerintah Provinsi Quebec di bidang Pembangunan Ekonomi, Inovasi dan Ekspor. Kedua pihak saling berbagi pengalaman di bidang pertambangan, kebijakan mengenai pengelolaan lahan tambang dan konservasi lingkungan serta harmonisasi kebijakan pemerintah dan perusahaan tambang untuk masyarakat di sekitar pertambangan.

Sumber: KBRI Ottawa