Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Berkat Upaya Gigih KBRI: Durahman Menerima Gaji Penuh Dari Majikannya

KBRI Ottawa berhasil mengupayakan pembayaran gaji penuh seorang TKI, Sdri. Durahman yang bekerja pada seorang majikan yang bekerja di salah satu organisasi internasional di Kanada. Sdri.Durahman yang sesuai Kontrak Kerja tertanggal 6 Februari 2009 digaji sebesar CAD 1450, hanya dibayar CAD 500 per bulannya. Hal ini diakui Sdri. Durahman saat datang ke KBRI untuk memperpanjang paspornya. Sebelumnya, Sdri. Durahman tidak pernah melaporkan keberadaannya di Kanada kepada KBRI.

Guna melindungi  dan menjamin hak-hak dan kewajiban TKI, KBRI secara gigih mengupayakan agar Sdri. Durahman mendapatkan hak-haknya termasuk pembayaran gaji secara penuh. Setelah melalui proses negosiasi selama hampir 3 (tiga) bulan, majikan menyetujui  untuk membayar gaji Sdri. Durahman secara penuh, yakni CAD 1450 sejak bulan Mei 2009 (28 bulan) dengan total CAD 40,600,-. KBRI juga mendapatkan konfirmasi bahwa selama ini, TKI diperlakukan secara baik.

Sdri. Durahman yang awalnya bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga di Amman, Yordania, dibawa ke Kanada oleh majikan pada bulan Mei 2009. Durahman datang ke Kanada dengan Visa sebagai pekerja (worker) mendapat ijin tinggal dari Pemerintah Kanada. TKI menyampaikan permohonan paspor ke KBRI Ottawa pada pada akhir bulan Juni 2011 karena Paspor ybs akan habis masa berlakunya pada tanggal 9 Juli 2011. Dengan demikian, KBRI mengetahui keberadaannya di Kanada. Selanjutnya, KBRI mempelajari dokumen ybs, antara lain Kontrak Kerja, visa, dan paspor. Pada awal Agustus 2011, KBRI melakukan pertemuan pertama dengan majikan dan TKI untuk meminta keterangan dan meminta kelengkapan dokumen dari majikan terutama status pembayaran gaji. Pada pertemuan tersebut, TKI mengakui bahwa majikan tidak membayar gajinya secara penuh.

Pada pertemuan kedua KBRI dengan majikan tanggal 6 Oktober 2011, KBRI melakukan verifikasi dokumen terkait dengan pembayaran gaji TKI tersebut dan melakukan klarifikasi dengan Sdri. Durahman untuk meyakinkan bahwa ybs mengetahui status pembayaran gajinya. Di samping itu, majikan telah  memberikan pernyataan tertulis mengenai komitmennya tersebut yang ditandatangani dan disaksikan oleh Pejabat Konsuler KBRI Ottawa.

Atas pertimbangan sikap yang ditunjukkan majikan dan pernyataan tertulis TKI, KBRI menyetujui untuk memperpanjang Paspor Sdri. Durahman, agar dapat melanjutkan bekerja di Kanada sesuai dengan masa kerja yang disepakati di dalam Kontrak Kerja. Setelah diberi penjelasan oleh KBRI, TKI dan majikan memahami hak-hak dan kewajibannya termasuk peranan KBRI dalam melindungi TKI di luar negeri (LS/KBRI).