Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Press Release: Kunjungan Delegasi Kementerian Koperasi dan UKM ke Kanada

Kanada, 13-18 Oktober 2011

Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM didampingi oleh Duta Besar RI menyerahkan kenang-kenangan kepada Ms. Carol Hunter, Executive Director Canadian Co-operative Association (CCA)

Delegasi Kementerian Koperasi dan UKM, didampingi oleh wakil-wakil dari Gerakan Koperasi (KOSPIN Jasa, Credit Union Central of Indonesia dan Koperasi Nusantara) telah mengadakan serangkaian pertemuan dengan berbagai institusi terkait bidang koperasi di kota Toronto dan Ottawa, Kanada pada tanggal 13-18 Oktober 2011, seperti Credit Union Central of Canada (CUCC), Gay Lea Foods Co-operative Limited, Canadian Co-operative Association (CCA), Export Development Canada (EDC) dan Mountain Equipment Co-op (MEC). Di sela-sela kegiatan tersebut, Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM, Untung Tri Basuki juga menyampaikan paparan dan berdiskusi mengenai perkembangan perkoperasian di Indonesia di depan seluruh home staff KBRI Ottawa dan DWP.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama dan saling tukar pengalaman dengan pengambil kebijakan bidang koperasi dan pelaku usaha koperasi di Kanada. Kunjungan tersebut juga untuk mempersiapkan peringatan International Year of Cooperative (IYC) tahun 2012 yang perayaannya akan dipusatkan di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam kesempatan ini, Delegasi RI mengundang wakil-wakil dari industri koperasi di Kanada untuk hadir dalam perayaan tersebut dan menyampaikan best practices untuk memajukan industri koperasi dengan target agar koperasi Indonesia bisa masuk ke daftar Global 300 Koperasi terkemuka di dunia. Dengan demikian kompetensi kualitas keberadaan Koperasi Indonesia dapat dikukuhkan sebagai terbaik di dunia.

Kunjungan Delri ke Credit Union Central of Canada (CUCC)

Dari rangkaian kunjungan tersebut, Delegasi RI mengambil manfaat penting antara lain:

  1. Perlunya konsistensi dalam menerapkan prinsip – prinsip dasar koperasi, utamanya kepedulian terhadap komunitas.
  2. Koperasi dapat berkompetisi dengan pelaku usaha lainnya selama dikelola secara profesional dan akuntabel.
  3. Kerja sama internasional antar koperasi di dunia merupakan suatu hal yang perlu diperluas di masa mendatang.
  4. Kanada menanggapi positif usulan delegasi RI untuk mengadakan program pelatihan teknik tenaga koperasi Indonesia di Kanada.
  5. Perayaan IYC tahun 2012 pada saat yang sama dapat memperkaya perayaan peringatan 60 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Kanada dan 35 Tahun Hubungan ASEAN-Kanada.

Sumber: KBRI Ottawa