Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Malam Silaturahmi dan Penyuluhan Kekonsuleran Mengenai Peraturan Keimigrasian dan Kekonsuleran Terbaru kepada Masyarakat Indonesia di Ottawa

p>

Presentasi mengenai Selayang Pandang Hubungan Bilateral dan Peraturan Keimigrasian

Pada tanggal 22 Maret 2012, setelah menyelenggarakan berbagai Sosialisasi Kekonsuleran di berbagai kota di wilayah kerja KBRI Ottawa, kini tiba giliran masyarakat Indonesia di kota Ottawa, Provinsi Ontario yang juga ibukota Kanada untuk mendapatkan penyuluhan kekonsuleran. Kegiatan ini yang dikemas sederhana dan suasana santai, diadakan di KBRI Ottawa, bertujuan untuk membina tali silaturahmi dan menyampaikan peraturan terbaru terkait kekonsuleran seperti UU No.6 tahun 2011 mengenai Keimigrasian, khususnya mengenai Izin Tinggal Terbatas bagi WNA yang menikah dengan WNI.

Pada awal acara, Dubes RI menginformasikan selayang pandang hubungan bilateral Indonesia-Kanada. Tahun 2012 merupakan momentum yang bersejarah bagi Indonesia-Kanada, karena kedua negara merayakan 60 Tahun Hubungan Bilateral yang telah terjalin sejak tahun 1952. Selain itu, di tingkat regional, Indonesia sebagai negara anggota ASEAN memperingati 35 Tahun Hubungan ASEAN-Kanada. Dubes RI juga menyampaikan bahwa  Perwakilan RI di Kanada, yaitu KBRI Ottawa, KJRI Toronto dan KJRI Vancouver akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati momentum ini sepanjang tahun 2012, antara lain Resepsi Diplomatik, Indonesian Night Gala, publikasi buku “Friendship Beyond Borders”, Seminar dan promosi perdagangan, investasi dan pariwisata.

Pada sesi presentasi mengenai kekonsuleran dan keimigrasian, Acting Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler/Kepala Fungsi Pensosbud dan Sekretaris Ketiga Fungsi Protokol dan Konsuler menyampaikan informasi sebagai berikut:

  1. Lapor diri dan Registrasi WNI di Luar Negeri
  2. Legalisasi
  3. Penggantian/Pembuatan Paspor
  4. Perkawinan
  5. Perceraian
  6. Keimigrasian, sesuai dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 (terbaru)
  7. Kewarganegaraan ganda terbatas untuk anak sesuai dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 2006

Foto Bersama Dubes RI dengan Masyarakat

Masyarakat Indonesia menyambut baik upaya KBRI menyampaikan informasi-informasi terkini mengenai peraturan terbaru dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan KBRI Ottawa dalam meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Kanada maupun kegiatan pembinaan masyarakat. Pertanyaan yang mengemuka dalam sesi diskusi antara lain kemungkinan peraturan di masa mendatang untuk memberikan Warga Negara (WN) ganda bagi orang dewasa, proses naturalisasi (pewarganegaraan) dan fasilitas keimigrasian yang diberikan kepada anak Warga Negara Ganda Terbatas. Khusus mengenai WN ganda terbatas untuk orang dewasa, sampai saat ini, Indonesia masih menganut asas kewarganegaraan tunggal. Namun, Indonesia juga memberikan kemudahan bagi WN asing khususnya yang menikah WNI untuk dapat menetap di Indonesia sesuai UU No. 6 tahun 2011.
Kegiatan tersebut ditutup dengan santap malam dan ramah tamah. Pada akhir kegiatan ini, masyarakat diharapkan lebih memahami tentang hukum dan peraturan kekonsuleran dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia di Ottawa. (LS/KBRI Ottawa)