Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Pengunjung Pameran Travel and Vacation Show di Ottawa, Kanada, Antusias dengan Nasi Goreng Indonesia

Ketertarikan pengunjung pameran Travel and Vacation Show terhadap nasi goreng khas Indonesia ini setidaknya terlihat dari jumlah pengunjung yang antusias menyaksikan peragaan pembuatan nasi goreng yang dilakukan oleh Sdr. Desh Widyantara, juru masak Wisma Indonesia.  Peragaan pembuatan nasi goreng ini dilakukan di sela-sela partisipasi KBRI dalam kegiatan pameran Travel and Vacation Show, 10-11 Maret 2012, yang berlangsung di Ottawa Convention Center (OCC), Ottawa, Kanada.  Dalam kegiatan pemeran tersebut, stand Indonesia menampilkan berbagai brosur pariwisata Indonesia dan juga menampilkan berbagai produk makanan kering dan minuman serta hasil ekonomi kreatif Indonesia yang telah dikenal di Kanada.

Dalam kesempatan peragaan memasak, dipertunjukkan cara pembuatan nasi goreng termasuk jenis bumbu yang digunakan.  Di akhir acara demo masak, pengunjung berkesempatan mencicipi hasil masakan berupa nasi goreng dan makanan khas Indonesia lainnya, yaitu rendang dan opor.

Pameran  ”the Travel and Vacation Show” ini merupakan ajang tahunan yang diadakan menjelang musim semi sejak tahun 1994. Pameran tahun ini merupakan edisi ke-18 dan diikuti oleh 150 exhibitors yang berasal dari perwakilan dinas pariwisata berbagai negara, propinsi, negara bagian dan kota wisata Amerika Utara; agen perjalanan; dinas taman nasional propinsi; lembaga pemerintah Kanada urusan border crossing dan inspeksi makanan; maskapai penerbangan; kereta api; penyedia jasa/barang terkait dengan perjalanan, spa dan layanan jasa boga. Selain booth pariwisata, pihak penyelenggara juga menyediakan kesempatan kepada peserta pameran untuk mengadakan seminar dan peragaan memasak.

Keikutsertaan KBRI tahun ini, selain merupakan upaya berkesinambungan untuk mempromosikan Indonesia dalam upaya  diplomasi ekonomi melalui sektor pariwisata dan perdagangan. Selama pameran, yang berlangsung dua hari, jumlah pengunjung tercatat mencapai lebih dari 17.800 orang.  Anjungan Indonesia diperkirakan dikunjungi lebih dari 1000 orang.  (Sumber: KBRI Ottawa)