Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Press Release: Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Luar Negeri RI dan Universitas Terbuka

Dalam rangka perlindungan WNI dan fasilitasi infrastruktur pendidikan bagi WNI di luar negeri melalui kerjasama dengan  berbagai instansi terkait di Indonesia mauppun negara akreditasi, pada tanggal 7 Februari 2012, Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) dan Universitas Terbuka (UT) telah menandatangani Nota Kesepahaman mengenai peningkatan akses sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.

Nota Kesepahaman tersebut merupakan dasar untuk meningkatkan pelayanan bagi WNI di luar negeri melalui berbagai kreativitas, termasuk fasilitasi akses pendidikan.  Kerjasama tersebut memusatkan perhatian pada pemberdayaan WNI di luar negeri, khususnya TKI.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyambut baik Nota Kesepahaman dimaksud, dan bersama dengan Kemlu sedang melakukan evaluasi MoU dengan negara penerima TKI dengan tujuan agar TKI mendapatkan libur paling sedikit satu (1) hari setiap minggu.  Selain itu, akses pendidikan bagi TKI diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan tenaga kerja wanita mengingat presentasi mereka di luar ngeri relatif cukup besar.

Implementasi Nota Kesepahaman dituangkan dalam pengaturan tersendiri antara UT dan Perwakilan RI di luar negeri dengan persetujuan Kemlu.

Pembiayaan sesuai kesepakatan atau kebutuhan.  Masa belaku Nota Kesepahaman adalah tiga (3) tahun dengan evaluasi  yang dilaksanakan tiap tahun.

Informasi mengenai Nota Kesepahaman dapat diakses di http://www.kemlu.go.id/brasilia/PublishingImages/KEMLU%20dan%20UT.pdf

Ottawa, 1 Maret  2012