Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Tarian Gatotkaca Pergiwa Tampil Mempesona di Akademi Militer Saint Jean, Montreal

KBRI Ottawa kembali berpartisipasi dalam kegiatan “International Evening” yang berlangsung di Akademi Militer, Saint Jean Montreal. Kegiatan ini diselenggarakan pada 29 Maret 2012 oleh para peserta pelatihan English Language Long Course di Detasemen Saint Jean, Montreal. Beberapa peserta Indonesia periode 15 Januari – 26 Mei 2012 saat ini sedang mengikuti pelatihan bahasa di lembaga tersebut. Mereka adalah Letkol. Koloner Nawang Indiriastuti, Lettu. Andita Anton Subrata, Lettu. Dhanny Kurniawan dan Midayanti.

Malam “International Evening” diawali dengan acara ramah tamah, saling mengunjungi anjungan masing-masing negara oleh para peserta dan para staf pengajar serta tamu undangan khusus lainnya.  Acara dimeriahkan dengan penampilan seni tari dan musik.

Para Peserta Kursus Bahasa Inggris bersama Tim KBRI Ottawa dan para Penari berpose di depan Anjungan Indonesia

Pihak penyelenggara mengelompokkan peserta berdasarkan pada kedekatan lokasi geografis. Indonesia berada dalam satu kelompok dengan anjungan Malaysia dan Filipina.  Anjungan Indonesia diisi dengan penampilan berbagai brosur pariwisata Indonesia dan makanan khas Indonesia, yaitu: sate ayam/sate daging, kerupuk, dan kue lapis legit dan sajian tari Indonesia.

Anjungan Indonesia mendapat kunjungan dari Mr. Fleuriy (Koordinator Military Training Cooperation Programs / MTCP). Sebelumnya, secara khusus Mr. Fleuriy memberi kesempatan kepada Sekretaris II Pensosbud KBRI mengajak berkeliling dan menyaksikan fasilitas yang dimiliki oleh MTPC, khususnya untuk para peserta pelatihan bahasa Inggris, antara lain:  plakat peserta-peserta sejak diadakannya pelatihan bahasa tersebut, kelas tempat belajar, majalah dinding tempat para peserta berkomunikasi dan menyampaikan ide, pusat kebugaran, pusat belanja, dan fasilitas lainnya, termasuk melihat para peserta latihan militer yang berasal dari kalangan sipil.

Tarian Gatotkaca Pergiwa dibawakan oleh Sdr. Eko Nurcahyo (staf KBRI Ottawa) dan Sdri. Ayu Wedarini (mahasiswi Indonesia)

Dalam puncak acara, sajian khas anjungan Indonesia yang mendapat sambutan luar biasa dari pengunjung adalah adalah tarian Gatotkaca Pergiwa yang merupakan koreografi gabungan antara tari Bali dengan tari Jawa.  Tarian ini dibawakan oleh Sdr. Eko Nurcahyo (staf KBRI Ottawa) dan Sdri. Ayu Wedarini (mahasiswi Indonesia).  Para pengunjung baik peserta kursus maupun para staf pengajar akademi, serta tamu undangan berebut untuk mendapat kesempatan berphoto bersama dengan para penari.

Peserta Kursus Bahasa Asal Indonesia dan Sekretaris II Pensosbud Berpose bersama Pimpinan dan Staf Pengajar Akademi Militer Saint Jean, Kanada

Partisipasi KBRI dalam acara “International Evening” ini adalah sebagai salah satu bagian dari kegiatan untuk memeriahkan Peringatan 60 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Kanada yang jatuh pada tahun 2012.

Sumber: KBRI Ottawa