Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Indonesia Kembali Mempesona pada Ottawa Tulip Festival 2012

Duta Besar RI saat mengunjungi Anjungan Indonesia

Indonesia telah berpartisipasi pada acara ”Ottawa Tulip Festival” yang berlangsung dari tanggal 4 – 21 Mei 2012. Partisipasi Indonesia pada kegiatan Festival Tulip yang merupakan penyelenggaraan ke-60 ini juga dikaitkan dengan upaya KBRI untuk mengisi Perayaan Hari Ulang Tahun ke-60 Hubungan Bilateral Indonesia Kanada. Para pengunjung tidak henti-hentinya mendatangi anjungan Indonesia selama 8 hari pelaksanaan festival tersebut.  Disamping anjungan KBRI, KBRI juga telah menfasilitasi partisipasi satu  orang pengusaha Indonesia yang secara khusus menjual dan mempromosikan berbagai hasil kerajinan tangan Indonesia.

Pada tanggal 20 Mei 2012, Indonesia menampilkan pertunjukan tarian dan lagu, yang mendapat perhatian khusus dari para pengunjung. Para mahasiswa Indonesia dan masyarakat Indonesia yang dilatih oleh KBRI Ottawa, pada kesempatan ini menampilkan Tari Jaipong, Tari Yapong, Tari Topeng Kelana dan Tarian Sajojo. Disamping itu, Indonesian Canadian Congress (ICC), organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan diaspora Indonesia di Kanada turut berpartisipasi mewakili Indonesia dalam festival dengan menampilkan paduan suara ”Pesona Nusantara” yang membawakan beberapa lagu, diiringi dengan musik rebana, yaitu lagu Ilir-Ilir, Shalawat Badar dan Indung-Indung.  Pada hari yang sama, Portugal, Kolumbia dan Brazil turut menampilkan seni tari dan musik mereka.

Para penari Indonesia membuat penonton Festival Tulip terkesima

Selama kegiatan berlangsung, anjungan Indonesia menampilkan berbagai sampel produk makanan Indonesia (dry food) yang telah dikenal di pasar Kanada (seperti:  Kopiko, sirup, kacang garuda, kacang dua kelinci, kopi ABC, kue lapis legit) dan berbagai produk kerajinan tangan Indonesia. Guna lebih mengenalkan Indonesia kepada para pengunjung, juga dibagikan berbagai brosur pariwisata Indonesia termasuk brosur penyelenggaraan Indonesian Trade Expo 2012.

Kelompok "Pesona Nusantara" mendapat perhatian dari penonton

Keikutsertaan KBRI dalam Festival Tulip 2012 merupakan upaya berkesinambungan untuk meningkatkan citra Indonesia di Kanada, terutama di kalangan masyarakat Kanada. Dengan memperkenalkan budaya dan makanan Indonesia serta produk-produk Indonesia, diharapkan dapat menambah ketertarikan masyarakat Kanada terhadap Indonesia, tidak hanya dari segi budaya tetapi juga aspek ekonomi dan perdagangan.

Disamping Indonesia, beberapa negara seperti:  Turki, Ekuador, Indonesia, India, Filipina, Peru, Senegal, Somalia, Burkina Faso dan Guatemala juga membuka anjungan pada kegiatan Festival Tulip 2012 (TL/KBRI Ottawa)