Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Tarian Nusantara Semarakkan Gala Asian Heritage Month, Di Ottawa, Kanada

Para penonton memnuhi Grand Hall Canadian Museum of Civilization, Gatineau, Kanada

Tarian Nusantara – hasil koreagrafi dari Sdr. Eko Nurcahyo (staf KBRI Ottawa), telah mempesona lebih 400 penonton yang memenuhi acara Gala Asian Heritage Month (AHM). Kegiatan pertunjukan seni tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan di Grand Hall, Museum Civilization Gatinau Kanada, tanggal 2 Juni 2012.  Indonesia mendapat giliran kedua dengan menampilkan Tarian Nusantara yang memadukan gerakan beberapa tarian daerah, antara lain Tari Jaipong (Sunda), Tari Topeng Kelana (Cirebon), Tari Kecak (Bali) dan Tarian Yamko Rambe Yamko (Papua). Para penonton berdecak penuh kagum dan menyampaikan applause atas sajian gerakan indah gemulai dan ritme energik, serta warna semarak pakaian para penari. Setelah penampilan, tepuk tangan riuh para penonton bergema sebagai bukti apresiasi besar terhadap penampilan tim tari KBRI Ottawa.

Sdr. Eko Nurcahyo (staf KBRI) beserta para Penari tengah menampilkan Tarian Nusantara

Disamping Indonesia, yang diwakili oleh KBRI Ottawa, kegiatan Gala AHM juga diisi oleh musisi, penyanyi dan penari lainnya, yaitu:  Turkish Music Ensemble (Ottawa), Turkish Music Choir (Montreal), Sultan of String (Toronto), Hua Yun Artistique Troupe (Montreal), Tianyi Guzheng Studio (Ottawa), Maghan McPhee (Ottawa) dan Ron Korb (Toronto).  Pemusik Ron Korb (flautist) menampilkan berbagai lagu Asia dengan memainkan berbagai alat musik tiup dan secara khusus termasuk sajian tiupan seruling Sunda (Jawa Barat).

President of Asian Heritage, Mr. Michael Harrison, menyampaikan penghargaan kepada KBRI Ottawa yang konsisten berpartisipasi dalam acara pertunjukan Gala AHM sejak tahun 2005. Penampilan kesenian ini sebagai bentuk partisipasi aktif KBRI untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia di Kanada yang merupakan bagian dari berbagai budaya bangsa-bangsa Asia yang telah telah diakui keberadaaan oleh Pemerintah Kanada.  Keikutsertaan Indonesia menjadi semakin bermakna karena pada tahun 2012, Indonesia dan Kanada memperingati 60 Tahun (Diamond Anniversary) Hubungan Bilateral RI-Kanada.

Michael Horisson, Ketua AHM menyampaikan ucapan selamat kepada para penari, termasuk penari KBRI Ottawa

Gala Asian Heritage Month merupakan kegiatan penutup dari keseluruhan rangkaian kegiatan masyarakat Asia di Kanada selama bulan Mei.  Sebagaimana diketahui, bulan Mei telah ditetapkan sebagai Asian Heritage Month oleh Pemerintah Kanada sejak tahun 2002, sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi bangsa-bangsa Asia terhadap multikulturalisme dan pluralisme yang ada di Kanada  (TL/KBRI Ottawa).