Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Sosialisasi Kekonsuleran dan Perkembangan Hubungan Perdagangan Indonesia-Kanada kepada Masyarakat Indonesia di Montreal, 1 Desember 2012

p>KBRI Ottawa pada tanggal 1 Desember 2012 kembali menyelenggarakan Sosialisasi Kekonsuleran kepada masyarakat Indonesia di kota Montreal, Provinsi Quebec sebagai salah satu kota yang memiliki jumlah masyarakat WNI yang cukup besar di wilayah akreditasi KBRI Ottawa. Kegiatan ini dihadiri oleh 46 orang (dewasa dan anak-anak) dan bertujuan untuk membina tali silaturahmi dan menyampaikan peraturan terbaru terkait kekonsuleran seperti UU No. 12 tahun 2006 mengenai Kewarganegaraan dan UU No.6 tahun 2011 mengenai Keimigrasian.

Acara dibuka oleh Wakil Kepala Perwakilan RI Ottawa, Bapak Suprio Utomo Nadir, yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa KBRI Ottawa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Perwakilan RI berupaya memberikan layanan terbaik kepada warganya, khususnya perlindungan WNI di wilayah akreditasi, perkembangan kerjasama perdagangan Indonesia-Kanada yang positif dan keberadaan Kantor Kepentingan Indonesia pada ICAO di Montreal untuk meningkatkan peran aktif Indonesia pada penerbangan sipil dunia.

Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Kekonsuleran dan Perkembangan Hubungan Perdagangan Indonesia-Kanada oleh Wakil Kepala Perwakilan RI Ottawa

Mengenai kekonsuleran, dijelaskan tentang pentingnya lapor diri dan Registrasi WNI di Luar Negeri, prosedur dan manfaat Legalisasi, proses Penggantian/Pembuatan Paspor, layanan kekonsuleran lainnya seperti Perkawinan, Perceraian, informasi Undang-Undang Keimigrasian terbaru  sesuai dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 khususnya mengenai Ijin Tinggal bagi WNA yang menikah dengan WNI, dan pemahaman Kewarganegaraan ganda terbatas untuk anak sesuai dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 2006.

Di bidang perdagangan, disampaikan perkembangan kerjasama Perdagangan Indonesia-Kanada makin meningkat tercermin dari statistik neraca perdagangan Indonesia-Kanada, fakta  perkembangan ekonomi Indonesia positif, peluang yang dapat dimanfaatkan pengusaha di Kanada dan peran masyarakat Indonesia di Kanada mendorong hubungan perdagangan kedua negara.

Sementara itu di sektor perhubungan, peran dan fungsi Kantor Kepentingan Indonesia pada ICAO adalah wujud konkrit kemajuan Indonesia dalam penerbangan sipil dan partisipasi aktif untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan sipil dunia. Kantor yang berkedudukan di Montreal tersebut, diresmikan pada bulan Februari 2012 oleh Wakil Menteri Perhubungan RI.

Masyarakat Indonesia menyambut baik upaya KBRI menyampaikan informasi terkini mengenai peraturan terbaru di bidang kekonsuleran, hubungan perdagangan bilateral dan keberadaan Kantor Kepentingan Indonesia pada ICAO di Montreal. Hal ini terlihat dari keaktifan masyarakat dalam sesi diskusi khususnya pada isu kekonsuleran dan hubungan perdagangan bilateral dengan pertanyaan-pertanyaan terkait kegiatan lapor diri dan sistem lapor diri online di website KBRI, e-KTP, peranan Atase Perdagangan membantu masyarakat Indonesia membuka usaha di Kanada, upaya kerjasama antara Atase Perdagangan dan masyarakat Indonesia dalam mendukung promosi produk dan kuliner Indonesia. Saat ini, terdapat 4 (empat) restoran Indonesia di Montreal yang menambah wawasan multikultur masyarakat Kanada mengenai Indonesia.

Foto Bersama Wakil Kepala Perwakilan RI Ottawa dengan Masyarakat Indonesia di Montreal

Pada akhir kegiatan ini, masyarakat mengharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat terus diselenggarakan, guna menambah wawasan masyarakat dan mempererat tali silaturahmi masyarakat di Montreal. Acara Sosialisasi Kekonsuleran di Montreal diadakan 2 (dua) tahun yang lalu, 2010. (KBRI Ottawa/LS)