Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Surplus ekspor nonmigas diharapkan lima miliar dolar

Jakarta (ANTARA News) – Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengharapkan surplus ekspor nonmigas pada 2013 bisa mendekati angka lima miliar dolar AS.

“Pada 2013 kita masih cukup optimistis, komoditas nonmigas diperkirakan masih akan surplus mendekati lima miliar dolar AS, tetapi ekspor komoditas migas merupakan tekanan berat tahun ini,” kata Bayu dalam jumpa pers mengenai kinerja perdagangan di Kementerian Perdagangan di Jakarta, Senin.

Menurut Bayu, pencapaian ekspor non migas pada 2012 yang mencapai surplus 3,9 miliar dolar AS merupakan capaian yang cukup memuaskan, terutama jika dilihat dari adanya ketidakpastian ekonomi global.

Sayangnya, ekspor migas yang masih mengalami defisit 5,6 miliar dolar AS tidak mampu menyeimbangkan neraca perdagangan sehingga secara total kinerja perdagangan masih minus 1,7 miliar dolar AS.

Bayu menuturkan defisit neraca perdagangan 2012 dipicu oleh tingginya permintaan impor bahan bakar minyak (BBM) yang mencapai 28,7 miliar dolar AS.

“Akibat tingginya impor BBM ini, neraca perdagangan kita menjadi defisit 1,7 miliar dolar AS, karena itu perlu disikapi secara serius,” ujarnya.

Bayu mengungkapkan neraca perdagangan di sektor migas masih akan cukup berat. Meski prospektif dan bisa lebih baik dibandingkan tahun lalu, dia mengatakan masih banyak tekanan yang harus dihadapi sektor tersebut.

“Juga dari konsumsi dimana jika tidak melakukan penghematan dalam konsumsi migas, diperkirakan alokasi 48 juta kiloliter bisa membengkak menjadi 50 juta kiloliter pada tahun ini,” katanya.

Source: Antara News – www.antaranews.com