Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Kebudayaan Indonesia Tumbuh, Ambil Bagian Dalam Berkembangnya Harmonisasi dalam Kehidupan Multikultur di Kanada

Beberapa mahasiswa Indonesia turut serta dalam konser Giri Kedaton, di Montreal, 20 April 2013

Ratusan masyarakat Montreal menyaksikan penampilan konser musik gamelan Bali “Giri Kedaton” yang dimotori oleh Pria asli Kanada, Eric Vandal, dan pimpinan grup I Wayan Dewa Saputra berkebangsaan Indonesia, pada tanggal 20 April 2013, di Montreal.

Kelompok yang terdiri dari 100 orang penabuh dan penari asal Kanada, bermain secara bergantian, memukau lebih dari 800 pengunjung yang memadati Teater Universitas De Montreal. Dubes RI untuk Kanada Dienne H. Moehario dan Wakil Kepala Perwakilan RI dan ibu Enny Suprio Utomo Nadir beserta staf KBRI Ottawa juga ikut hadir menyaksikan Konser tersebut.

Konser yang diadakan dalam rangka memperingati 25 tahun bergabungnya musik gamelan dan tari Bali di Universitas de Montreal. Konser. berlangsung selama 2,5 jam, babak pertama menampilkan Gending Pambuka Ngusaba, tari Pengecet Rerejangan, Singiran, Pepanggulan Nirjara, Sari Anom, Siwanata, Antiphon. dan Panembrana. Babak kedua dengan komposisi tari Sekar Jagat, Jauk Manis, Lelonggoran, Wiranata, Pengeleban dan diakhiri dengan tari Kecak dengan gerakan-gerakan yang spektakuler.

Bapak I Nyoman Wenten turut ambil bagian dari Tari Kecak yang diikuti oleh sekitar 70 orang penari, Montreal, 20 April 2013

Para pemain tersebut, mahasiswa/mahasiswi Universitas de Montreal berkolaborasi dengan Group Gamelan Giri Kedaton, dapat dengan prima memainkan peralatan musik gamelan dengan baik. Penonton amat menyukai alunan musik tradisional gamelan Bali, yang dinamis, menyenangkan dan cukup atraktif sehingga berkali-kali mengundang kekaguman para penonton. Seusai acara, para penonton mendatangi para pemain untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai hal terkait dengan gamelan. (Sumber: KBRI Ottawa/FS).