Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Konser Musik Gamelan Bali oleh Warga Kanada

p>KBRI Ottawa melibatkan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada (PERMIKA) Ottawa mendukung gelar konser musik Gamelan Bali, kelompok warga Kanada “Semara Winangun” pada tanggal 13 April 2013 di Gedung First Unitarian Congregation, Ottawa, Kanada.  Konser diadakan dalam rangka merayakan sepuluh tahun berdirinya Kelompok Gamelan Semara Winangun. Pagelaran konser Gamelan Bali merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Ottawa dengan pemain warga Kanada, walaupun Kelompok Gamelan Bali ini telah tampil dalam berbagai kesempatan, baik atas undangan khusus oleh Kedutaan Besar RI maupun diundang secara profesional oleh penyelenggara kegiatan-kegiatan budaya di Kanada. Kelompok Gamelan Semara Winangun pernah tampil dalam acara: Tulip Festival, Asian Heritage Month, Resepsi Diplomatik, Parade Canadian Day, dan lain lain.

Kelompok Gamelan Bali Semara Winangun bersama Duta Besar RI, Dienne H. Moehario dan Wakil Kepala Perwakilan dan Ibu Enny Suprio Nadir di First Unitarian Congregation of Ottawa, Kanada, 13 April 2013

Disamping menampilkan beberapa permainan musik gamelan Bali, konser juga menampilkan juga menampilkan duet antara resital piano dengan permainan gendang oleh Jamie Gullikson, pimpinan Kelompok Semara Winangun.  Disamping itu, juga ditampilkan Tari Pendet dan Tari Topeng Keras serta Tari Shinta’s Shadow. Ketiga tari tersebut dimainkan dengan indah oleh staf KBRI dan para mahasiswa Indonesia yang bergabung dalam Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada (PERMIKA) Ottawa.

Semua anggota kelompok Semara Winangun adalah para professional yang bekerja pada berbagai institusi di Kanada.  Mereka berlatih gamelan Bali di Kedutaan Besar RI, setelah jam kerjanya masing-masing.  Semangat yang tinggi dan apresiasi yang tinggi akan musik tradisional Indonesia tersebut telah mendorong mereka untuk aktif berlatih gamelan Bali. (sumber:  KBRI Ottawa/FS)