Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Gali Potensi Kerjasama Ekonomi melalui Kunjungan Dubes RI ke Provinsi Prince Edward Island

Duta Besar RI, Dienne H. Moehario, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Prince Edward Island pada tanggal 13-17 Mei 2013, dalam rangka mengikuti 2013 Heads of Mission Economic Mission yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Kanada (Department of Foreign Affairs and International Trade and Development/DFAIT) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Prince Edward Island (PEI). Kegiatan diikuti 54 Duta Besar dan KUAI.

Dalam kegiatan ini, Duta Besar RI dan peserta lain mengunjungi perusahaan-perusahaan terkemuka di Provinsi PEI yang bergerak di bidang pertanian (Cavendish Farms, Wymans Blueberries, Honibe), perikanan (PEI Mussel King, Royal Fisheries Star), energi (WEICAN), kedirgantaraan (Vector Aerospace), dairy products (Cows), industri logam (Diversified Metal Engineering Ltd dan Atlantic Advanced Power Technologies).

Kunjungan Duta Besar RI pada 2013 Heads of Mission Economic Mission

Peserta juga menerima penjelasan mengenai Provinsi PEI dari instansi-instansi Pemerintah Provinsi seperti pertanian dan kehutanan; perikanan, akuakultur dan pembangunan wilayah pedesaan; keuangan, energi dan urusan perkotaan (municipal affairs); pariwisata dan kebudayaan; dan inovasi dan pendidikan tinggi. Produk unggulan Provinsi PEI antara lain lobster, kerang dan kentang. PEI juga merupakan salah satu tujuan  wisata favorit di Kanada dengan jumlah  kunjungan wisatawan mencapai 1,2 juta pada tahun 2012.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, peserta diterima oleh Premier, The Honourable Robert W.J. Ghiz dan Lieutenant Governor, The Honourable H. Frank Lewis.

Secara terpisah, KBRI Ottawa telah menyelenggarakan kegiatan temu bisnis di Charlottetown, ibukota Provinsi PEI, pada tanggal 17 Mei 2013 untuk menggali potensi kerjasama dengan kalangan dunia usaha setempat.

Kegiatan dihadiri 15 peserta dari kalangan dunia usaha dan pejabat pemerintah provinsi PEI, termasuk Presiden Greater Summerside Chamber of Commerce, yakni salah satu Kamar Dagang dan Industri  di Provinsi ini. Tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan Indonesia sebagai tujuan investasi dan mitra perdagangan yang potensial bagi dunia usaha Provinsi PEI, seraya memperluas akses pasar produk Indonesia di Kanada melalui Provinsi PEI.

Sambutan Duta Besar RI pada Temu bisnis di Charlettown, PEI, 17 Mei 2013

Duta Besar RI pada sambutannya menyampaikan perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan Kanada yang terus  meningkat, dan karenanya perlu diterjemahkan dalam hubungan ekonomi yang konkrit diantara kalangan dunia usaha Indonesia dan Provinsi PEI. Peluang bagi perusahaan-perusahaan Kanada, termasuk dari Provinsi PEI, untuk menanamkan modal di Indonesia terbuka luas. Disamping itu, Indonesia menghasilkan beragam produk berkualitas tinggi yang dapat memenuhi permintaan dunia usaha Kanada, dan ini dapat dilihat secara langsung dalam Trade Expo Indonesia ke-28 bulan Oktober  mendatang di Jakarta.

Dubes RI dan peserta Temu Bisnis di Charlettown, PEI, 17 Mei 2013

Pada kesempatan tersebut, Counsellor Ekonomi dan Atase Perdagangan KBRI Otttawa menyampaikan paparan mengenai perkembangan makroekonomi, regulasi dan insentif investasi, peluang investasi dan perdagangan Indonesia. Sementara itu, Mr. Rory Francis, Member of the Board of Director of Greater Charlottetown Area Chamber of Commerce memberikan paparan mengenai potensi Provinsi PEI dan hubungan perdagangan provinsi ini dengan Indonesia.

Kegiatan temu bisnis disambut positif oleh peserta yang menilainya bermanfaat untuk membuka jejaring, serta mendorong interaksi diantara pelaku ekonomi.   dikatakan jarang sekali dilakukan oleh sebuah Kedutaan Besar asing ke Provinsi PEI. Dalam pertemuan dimaksud, terdapat peserta yang begitu memahami perdagangan Indonesia dengan PEI dan bahkan diantaranya terdapat peserta yang fasih berbahasa Indonesia. Peserta menghargai upaya KBRI Ottawa memperkenalkan potensi Indonesia dimana sebagian diantaranya menyatakan tertarik melakukan tindaklanjut. (KBRI Ottawa/LS).

Charlottetown, 17 Mei 2013.