Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Masyarakat Indonesia Di Provinsi Prince Edward Island, Kanada, Menyambut Positif Penyelenggaraan Sosialiasi Kekonsuleran

Duta Besar RI bersama masyarakat Indonesia di provinsi Prince Edward Island

KBRI Ottawa pada tanggal 16 Mei 2013 menyelenggarakan Sosialisasi Kekonsuleran di Kota Charlottetown, Provinsi Prince Edward Island, salah satu provinsi di wilayah maritim Timur Kanada.

Penyelenggaraan Sosialisasi Kekonsuleran ini mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia yang hadir. Enam masyarakat Indonesia yang tercatat berdomisil di Provinsi Prince Edward Island, benar-benar merasa diperhatikan oleh pemerintah Indonesia dengan adanya kegiatan tersebut.

Duta Besar RI pada awal acara menyampaikan bahwa acara Sosialisasi Kekonsuleran ini merupakan salah satu upaya KBRI Ottawa memberikan perlindungan kepada WNI yang tinggal di Kanada. Dengan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman atas peraturan-peraturan yang berkembang di Indonensia mengenai keimigrasian, diharapkan WNI yang tinggal di Kanada dapat terhindar dari persoalan-persoalan kekonsuleran dan keimigrasian. Duta Besar RI juga menekankan pentingnya lapor diri bagi WNI yang berada di luar negeri guna memudahkan tugas-tugas Perwakilan RI memberikan perlindungan.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Sosialiasi Kekonsuleran ini dimaksudkan sebagai acara silahturahmi KBRI Ottawa dengan WNI di Kanada, ditengah kunjungan kerja Duta Besar RI ke kota Charlottetown, Provinsi Prince Edward Island, dalam rangka “2013 Heads of Mission Economic Mission” yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Internasional Kanada (Department of Foreign Affairs and International Trade/DFAIT and Development), 13-17 Mei 2013.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI juga menyampaikan paparan singkat mengenai perkembangan hubungan bilateral RI-Kanada selama enam dekade yang berjalan dengan baik di segala bidang, rencana Kongres Diaspora II bulan Agustus 2013 di Jakarta, dan Pemilu 2014.

Sementara itu Fungsi Konsuler KBRI Ottawa menyampaikan materi mengenai Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP) bagi WNA dan Eks WNI sebagaimana tercantum dalam Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian khususnya Pasal 48-64; Kewarganegaraan Ganda Terbatas merujuk Undang Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia khususnya pasal 4-5; dan Kesempatan Tinggal di Indonesia bagi Wisatawan Lanjut Usia Mancanegara sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 31 Tahun 1998.

Delegasi RI yang sedang menghadiri Sidang Codex Committee on Food Labelling (CCFL) di Charlottetown, 14-17 Mei 2013, turut hadir pada Sosialiasi Kekonsuleran tersebut. (KBRI Ottawa, DES).