Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Tari Rantak dan Tari Klana Topeng Ikut Meramaikan Multiculturalism Day di Winnipeg, Propinsi Manitoba, Kanada, 22 Juni 2013

Tari Rantak yang ditampilkan oleh Diaspora Indonesia dan Tari Klana Topeng oleh Sdr. Eko Nurcahyo (staf KBRI Ottawa) telah meramaikan acara Multiculturalism Day di Forks market, Winnipeg, Propinsi Manitoba, Kanada, 22 Juni 2013.   Kedua tari tersebut telah menarik perhatian para pengunjung karena dibawakan secara dinamis dan menarik oleh para penarinya.  Apresiasi yang tinggi diperlihatkan oleh para penonton, dari tepuk tangan pada saat penampilan, keinginan penonton untuk berfoto bersama penari, dan ucapan apresiasi langsung yang disampaikan oleh beberapa penonton kepada penari sesaat setelah pertunjukan berlangsung.  Yang lebih menarik lagi adalah para penari yang menampilkan Tari Rantak tersebut berasal dari para Diaspora Indonesia yang berkewarganegaraan Malaysia dan Kanada.

Tari Rantak dibawakan oleh Diaspora Indonesia pada acara Multiculturalism Day Winnipeg, 22 Juni 2013

Penampilan Tari Rantak dan Tari Klana Topeng di Winnipeg, Propinsi Manitoba ini merupakan tindaklanjut hasil pertemuan Duta Besar RI dengan Menteri Christine Melnick, Menteri Imigrasi dan Multikultur Propinsi Manitoba pada bulan Maret 2013 untuk lebih memperkuat hubungan people-to-people antara kedua negara.  Disamping itu, bagi Indonesia kegiatan ini merupakan bagian dari promosi budaya Indonesia di Kanada.

Multiculturalism Day diadopsi oleh Pemerintah Kanada pada tahun 2002 sebagai bentuk penghormatan terhadap berbagai budaya yang telah membentuk budaya Kanada.  Pemerintah Kanada menetapkan tanggal 27 Juni sebagai  Multiculturalism Day dan event ini diisi dengan berbagai kegiatan sosial/budaya di berbagai wilayah di Kanada.  Disamping diaspora Indonesia, kegiatan Multiculturalism Day juga diisi oleh kelompok-kelompok masyarakat di Winnipeg, seperti India, Tamil, China, Rusia, Ethiopia, dll.  (KBRI Ottawa/TL)