Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Bandara Kualanamu, Bandara Tercantik di Indonesia

Area check-in counter di bandara Kualanamu, tercanggih se-Indonesia (Khairul/detikTravel)

Jakarta – Medan punya bandara baru bernama Bandara Kualanamu. Berlokasi di Deli Serdang, bandara ini digadang-gadang jadi yang tercantik di Indonesia dan mampu menampung lebih banyak turis mancanegara yang datang ke Tanah Batak.

“Bandara Kualanamu itu kalau kata Pak Dahlan Iskan, bandara tercantik di Indonesia,” kata Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi dalam acara Soft Launching Festival Danau Toba di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Tengku pun bercerita tentang Bandara Kualanamu. Dirinya ikut berama Menteri BUMN, Dahlan Iskan pada pemantauan di Bandara Kualanamu pada Kamis (25/7) kemarin. Pesawat yang pertama take off di Bandara Kualanamu, menurutnya adalah Mandala dan Lion Air.

“Kalau terbesar mungkin masih Bandara Cengkareng, tapi kalau yang cantik itu ya Bandara Kualanamu,” tegasnya.

Bandara Kualanamu punya 104 check-in counter. Canggihnya, sistem check-in yang dipergunakan di bandara ini mirip dengan model yang ada di Bandara Changi Singapura.

Tak hanya itu, Bandara Kualanamu juga punya kereta bandara pertama di Indonesia dan bangunan yang ramah lingkungan. Daya tampungnya pun lebih besar dari Bandara Polonia di Medan.

“Bandara Polonia sudah beroperasi sejak tahun 1928, satu tahun penumpangnya bisa 7,8 juta orang. Bandara Kualanamu bisa jauh lebih dari itu,” papar Tengku.

Tengku pun berharap, Bandara Kualanamu bisa menampung lebih banyak turis mancanegara yang datang. Hingga kini, tercatat 200 ribu turis yang datang ke Sumatera Utara.

“Kita berharap Bandara Kualanamu bisa jadi hub bagian Indonesia barat,” kata Tengku.

Bicara soal fasilitas, kemegahan, dan kecantikan, Tengku yakin Bandara Kualanamu bakal menyaingi Bandara Kuala Lumpur di Malaysia. Uniknya, nama kedua bandara ini juga hampir mirip.

“Bandara Kualanamu namanya juga mirip dengan Bandara Kuala Lumpur,” celetuk Tengku.

Sumber: Detik.com