Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Indonesia Kembali Mendapatkan Medali Penghargaan atas Partisipasi dalam Parade Canadian Day, Montreal, 1 Juli 2013

Pada tanggal 1 Juli 2013, peringatan Hari Kemerdekaan Kanada ke-145, KBRI Ottawa turut ambil bagian dalam acara Parade of Canada Day (Parade du Canada) yang berlangsung di kota Montreal, Propinsi Quebec, dalam bentuk defile (iring-iringan) masyarakat berbagai bangsa yang ada di Kanada, seperti China, Armenia, Hongaria, Yunani, Italia, Turki, Polandia, Filipina, Denmark, Bangladesh, Vietnam, Belanda, Srilanka, Irlandia dan Jepang.

Kontingen Indonesia kembali mendapatkan medali penghargaan dari panitia

Pada tahun 2013, partisipasi Indonesia pada Canada Day di Montreal mengusung tema ”Wonderful Indonesia” dan ”Remarkable Indonesia”.  Tema ini tergambar dari formasi iring-iringan Indonesia yang diawali dengan spanduk Indonesia dan pamflet/banner ”Wonderful Indonesia” dan ”Remarkable Indonesia”. Berikutnya dalam rangkaian parade Indonesia diisi oleh kelompok masyarakat yang berpakaian daerah/nasional Indonesia, mobil hias pertama (yang membawa musik perkusi), 20 (dua puluh) orang penari dan barisan masyarakat Indonesia di Montreal dan mobil hias kedua (Gamelan Jawa).

Tarian yang ditampilkan selama parade adalah Tari Tor-Tor (Tapanuli), Yamko Rambe Yamko (Papua), Mandau (Kalimantan).  Ketiga tari tersebut dimainkan di titik-titik strategis sepanjang perjalanan parade, dengan diiringi musik live perkusi. Musik yang dinamis dan gerakan para penari anggun dan indah menyita perhatian para pengunjung parade yang memenuhi pinggir jalan sepanjang jalur parade.   Gamelan Jawa yang dimainkan oleh Kelompok Gamelan Purwoadi, menarik perhatian para pengunjung.  Sepanjang parade berlangsung, secara terus menerus para penari, musik perkusi dan permainan gamelan Jawa menghibur para pengunjung parade.

Pakaian Para Penari Indonesia dengan warna-warna cerah, menarik perhatian para penonton selama parade berlangsung

Apresiasi para pengunjung terhadap kontingen Indonesia terlihat besar, antara lain terlihat dari tepuk tangan dan sorak sorai penonton setiap selesainya penampilan para penari.  Para penonton ikut menari bersama para penari Indonesia dan secara spontanitas turun ke jalan untuk mengambil foto bersama penari atau dengan masyarakat Indonesia yang berpakaian daerah.

Keikutsertaan KBRI Ottawa dalam acara parade tahun 2013 sebagai salah satu upaya berkesinambungan untuk meningkatkan citra Indonesia di Kanada, terutama people-to-people contact. Dengan mengusung tema ”Wonderful Indonesia” dan ”Remarkable Indonesia”,  dengan menampilkan tarian dari daerah Sumatera Utara, Kalimantan dan Papua sehingga memberikan kesan bahwa Indonesia memiliki keragamanan budaya yang sangat tinggi, selain budaya Bali dan Jawa yang selama ini telah dikenal oleh masyarakat Kanada.

Duta Besar RI Dienne H. Moehario dan Wakil Kepala Perwakilan Suprio Utomo Nadir dengan masyarakat Indonesia, penari dan pemain musik, dalam parade Canadian Day,Montreal, Propinsi Quebec, 1 Juli 2013

Dukungan penuh dari masyarakat Indonesia yang bergabung dalam Association de la Communauté Indonésienne du Québec (ACIQ) dan para anggota Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada (PERMIKA) Montreal dan PERMIKA Ottawa telah membuat partisipasi Indonesia pada Parade Kanada 2013,  lebih meriah dan semarak.  Hal inilah yang membuat kontingen Indonesia kembali mendapatkan medali penghargaan dari panitia, yang diserahkan oleh Ms. Ernie Presseau Direktur Penyelenggara Parade kepada Minister Counsellor Sosial Budaya KBRI Ottawa.  Pada tahun 2012, Indonesia juga mendapatkan penghargaan yang sama dari Panitia Penyelenggara  (KBRI Ottawa/TL).