Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Pesta Demokrasi Dan Diaspora Indonesia: Sosialiasi Pemilu 2014 Dan Kongres Diaspora Ke-2 Oleh Kbri Ottawa, 12 Juli 2013

Duta Besar RI untuk Kanada, Dienne H. Moehario, Wakil Kepala Perwakilan, Suprio Utomo Nadir, Penanggung Jawab Fungsi Sosial Budaya, Fientje Maritje Suebu, beserta Anggota PPLN KBRI Ottawa seusai Sosialisasi Pemilu 2014 dan Sosialisasi Kongres Diaspora ke-2, di Ottawa, 12 Juli 2013

Masyarakat Indonesia di luar negeri, termasuk di Kanada, berkesempatan untuk berpartisipasi dalam 2 (dua) peristiwa penting dalam waktu dekat, yaitu berperan aktif sebagai pemilih dalam pesta demokrasi Pemilu 2014, untuk pemilihan Anggota DPR RI dan pemilihan pasangan Presiden – Wakil Presiden RI, serta berkesempatan ikut dalam Kongres Diaspora ke-2 di Jakarta, 18-20 Agustus 2013. Untuk mendorong peran serta masyarakat Indonesia dalam kedua peristiwa tersebut, pada 12 Juli 2013, KBRI Ottawa melaksanakan Sosialiasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di Ottawa serta Sosialisasi Penyelenggaraan Kongres Diaspora ke-2. 85 (delapan puluh lima) masyarakat Indonesia dari Ottawa dan Montreal hadir dalam sosialisasi tersebut.

Membuka kegiatan dimaksud, Duta Besar RI untuk Kanada, Dienne H. Moehario, menekankan bahwa masyarakat Indonesia di Kanada memiliki kekuatan untuk menjadi bagian dalam kehidupan bernegara dan berdemokrasi Indonesia dengan memberikan suara dalam Pemilu 2014, serta berkiprah memajukan bangsa dan negara Indonesia meskipun tinggal di luar negeri, melalui suatu kesatuan Diaspora Indonesia.

Dalam sosialisasi ini, Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di KBRI Ottawa, Dedy Herdijanto Dwiputra, berbagi informasi penting terkait Pemilu 2014, antara lain Daftar 15 Partai Politik Peserta Pemilu 2014; jadwal pemungutan suara di luar negeri untuk pemilihan Anggota DPR RI, yaitu tanggal 30 Maret – 6 April 2014, dan pemilihan pasangan Presiden – Wakil Presiden RI hingga September 2014; serta teknik memberikan suara yaitu dengan mencoblos tanda gambar Partai atau nomor atau nama calon pada surat suara. Hingga 17 Juni 2013, jumlah calon pemilih yang tercatat di wilayah kerja PPLN Perwakilan RI Ottawa adalah sebanyak 699 orang. Kegiatan sosialisasi ini juga dimanfaatkan sebagai ajang perkenalan masyarakat Indonesia di Kanada dengan para Anggota PPLN yang telah melaksanakan sumpah/janji penugasan mereka pada 27 Juni 2013.

Sesi Tanya jawab dalam Sosialisasi Pemilu 2014 dan Kongres Diaspora ke-2, Oleh KBRI Ottawa, 12 Juli 2013

Informasi tentang Kongres Diaspora ke-2 di Jakarta, 18-20 Agustus 2013, disampaikan oleh Penanggung Jawab Fungsi Sosial Budaya KBRI Ottawa, Fientje Maritje Suebu. Dalam presentasinya, disebutkan bahwa Kongres Diaspora ke-2 yang bertemakan Pulang Kampung diharapkan dapat menyusul sukses Kongres Diaspora Tahun 2012 yang dihadiri 2056 Diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai negara mitra. Masyarakat Indonesia di Kanada didorong untuk bergabung karena sebagaimana ditekankan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Diaspora Indonesia tidak hanya sekedar perantau, tetapi telah tumbuh menjadi suatu komunitas besar yang dinamis, yang penuh dengan potensi dan sumberdaya. Para Ketua Organisasi Kemasyarakatan/Diaspora Indonesia di Kanada yang hadir dalam sosialisasi tersebut, yaitu Robby Tulus (Friends of Indonesia), Bambang Setijoso (Association de la Communaute de ‘Indonesienne du Quebec) dan Sanda Utama (Indonesian-Canadian Conggress) menyatakan kesediaan untuk membentuk Indonesian Diaspora Network (IDN) Ottawa-Montreal.

Dalam suasana Ramadhan, kegiatan sosialisasi ini juga dimanfaatkan untuk semakin mempererat tali silaturahmi dengan menikmati buka puasa bersama. (SM/KBRI Ottawa).