Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

ASEAN Committee in Ottawa Menyelenggarakan Resepsi ASEAN Day

Duta Besar RI, Dienne H. Moehario Menyambut Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird

ASEAN Committee in Ottawa (ACO) pada tanggal 13 Agustus 2013 menyelenggarakan resepsi dalam rangka ASEAN Day tahun 2013.  Kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi ke-46 ASEAN diselenggarakan untuk pertamakali oleh ACO dan berlangsung di Balai Kota Ottawa. Resepsi dihadiri 150 orang undangan dari kalangan Parlemen, Senat, Kepala Perwakilan negara-negara Mitra Wicara, pengusaha, Lembaga Swadaya Masyarakat dan akademisi.

Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird, hadir sebagai tamu kehormatan dan pada kata sambutannya  menyatakan kegembiraannya menghadiri resepsi ASEAN Day seraya menyebutkan pemerintahan Perdana Menteri Stephen Harper menaruh perhatian yang sangat besar terhadap ASEAN. Menlu Baird menyatakan hubungan Kanada dengan ASEAN tahun ini merupakan momentum yang terbaik dalam 10 tahun terakhir dan akan terus dikembangkan.

Sebelumnya, Ketua ACO periode Agustus 2013 – Januari 2014, Duta Besar Myanmar, H.E Hau Do Suan memberikan sambutan yang menjelaskan perkembangan ASEAN dalam 46 tahun terakhir serta hubungan ASEAN – Kanada. Dubes Hau Do Suan menyatakan kerjasama ASEAN – Kanada telah memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, yang akan terus meningkat di masa mendatang.

Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird, bersama Kepala Perwakilan Negara-negara ASEAN di Ottawa

Dalam resepsi tersebut, tujuh Perwakilan negara-negara ASEAN menyajikan makanan dan minuman khas masing-masing negara seperti sate (Malaysia), mie goreng (Myanmar), martabak dan lemper (Indonesia), spring rolls (Vietnam), minuman ‘halo-halo’ (Filipina) dan padthai  serta berbagai manisan dan minuman jus (Thailand), makanan ringan/snack (Brunei Darussalam).

Dalam rangka memperingati ASEAN Day, bendera ASEAN dikibarkan selama satu hari pada tanggal 13 Agustus 2013 di Balai Kota Ottawa.  (HM).