Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Resepsi Diplomatik Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia

Duta Besar Dienne H. Moehario menerima Mr. Peter McGovern, Assistant Deputy Minister of Foreign Affairs of Canada for International Business Development, Innovation and Asia/Chief Trade Commissioner

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa mengadakan Resepsi Diplomatik di Wisma Indonesia pada tanggal 19 Agustus 2013. Rekan-rekan Diplomat, Pejabat Pemerintah, Senator, Anggota Parlemen, perwakilan Institusi Think Tank, para Akademisi, Pengusaha dan Perwakilan Institusi Pemerintah menghadiri resepsi tersebut. Tamu kehormatan pada Resepsi Diplomatik ini adalah Senator Victor Oh (Anggota Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group (CIPFG)), dan di antara tamu yang hadir adalah Mr. Peter McGovern (Asisstan Deputy Minister of Foreign Affairs of Canada for International Business Develpment, Innovation and Asia/Chief Trade  Commissioner), Senator Than Hai Ngo (Anggota CIPFG) dan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Toronto beserta Ny. Sarinah Pujianto.

Duta Besar Dienne H. Moehario dan Tamu Kehormatan, Senator Victor Oh

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia, Dienne H. Moehario menekankan bahwa Indonesia dan Kanada akan mengadakan pertemuan ketiga Forum Komunikasi Bilateral pada tanggal 23 Agustus 2013, dipimpin oleh Menteri Luar Negeri kedua negara, yang diharapkan menjadi langkah maju dalam menggali potensi kerjasama bilateral. Duta Besar RI juga menekankan bahwa Kanada mendukung Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan dan pengakuan internasional atas kemerdekaan tersebut. Senator Victor Oh menggemakan semangat persahabatan antara Indonesia dan Kanada sejak kemerdekaan Indonesia dan keinginan kuat kedua negara untuk memelihara dan mengembangkan kerja sama yang telah terjalin.

Aubade anak-anak Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ dan ‘O Canada’

Pada kesempatan resepsi tersebut, lagu kebangsaan Indonesia (Indonesia Raya) dan lagu Kebangsaan Kanada (O Canada) dinyanyikan dengan hikmat oleh kelompok anak-anak Indonesia di Ottawa. Kedutaan Besar Republik Indonesia bersama mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Ottawa, yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada (PERMIKA) juga menampilkan musik tradisional gamelan Jawa, tari Rantak dari Sumatera Barat dan tari Saman dari Aceh.

Para undangan yang hadir menikmati sajian kuliner Indonesia yang lezat seperti Nasi Goreng, Sate, dan Kue Lapis sambil  bercakap-cakap dengan para kolega mereka sekaligus menikmati pemandangan indah Ottawa River dari taman Wisma Indonesia. (SM/KBRI Ottawa)