Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

BNP2TKI Jajagi Peluang Pasar Tenaga Kerja Kanada bagi Tenaga Kerja Indonesia, Ottawa, 13 September 2013

p style=”text-align: justify;”>

Pertemuan Delegasi BNP2TKI dengan HRSD dan CIC

Pada tanggal 13 September 2013, Delegasi BNP2TKI yang dipimpin oleh Deputi KLN dan Promosi, Dr. Endang Sulistyaningsih, telah melakukan kunjungan kerja ke Ottawa dalam rangkaian roadshow BNP2TKI ke Kanada.  Kunjungan ini bertujuan untuk mempromosikan TKI dan memperluas jangkauan akses pasar lapangan kerja TKI serta penjajakan kerjasama dengan badan pemerintah Kanada dan pihak swasta. Sebelum ke Ottawa, Delegasi BNP2TKI telah melakukan kunjungan ke wilayah Provinsi Alberta (Calgary dan Edmonton) pada tanggal 9-10 September 2013 dan ke Provinsi Ontario (Toronto dan Leamington) pada tanggal 11-12 September 2013.

Selama kunjungan di Ottawa, Delegasi bertemu dengan pemerintah Kanada, yaitu Human Resources and Skills Development (HRSD) dan Citizenship and Immigration (CIC). Di kedua lembaga tersebut,  BNP2TKI melakukan diskusi dan pembicaraan tentang peran dan fungsi Pemerintah Federal serta kebijakan baru terkait dengan Temporary Foreign Worker (TFW) Program untuk memfasilitasi masuknya TKI ke Kanada. Dalam kesempatan tersebut, pemerintah Kanada juga memperoleh informasi terkait upaya BNP2TKI dan pemerintah Indonesia dalam mempromosikan TKI di Kanada dan peluang pengembangan kerjasama baik dengan pemerintah (federal dan provinsi) dan pihak swasta.

Pertemuan Delegasi BNP2TKI dengan Recruitment Agencies dan Immigration Consultants

Di tempat yang berbeda, Delegasi BNP2TKI juga melakukan pertemuan dengan recruitment agencies dan

immigration consultants di Kanada. Sasarannya adalah untuk mendapatkan informasi pasar tenaga kerja, peluang kerjasama dan sharing informasi. Dalam kesempatan tersebut, agencies dan consultants menyatakan bahwa pihak terkait di Kanada sangat tertarik untuk memperluas sumber rekrutmen calon tenaga kerja dan Indonesia dipandang memiliki potensi mengingat TKI di Kanada dikenal loyal dan pekerja keras. Berbagai upaya peningkatan kualitas TKI oleh Pemri juga disambut baik khususnya di bidang bahasa mengingat hal tersebut merupakan syarat utama bekerja di Kanada. Disamping itu, kemudahan informasi terkait prosedur merekrut tenaga kerja, berbagai peraturan terkait serta profil BNP2TKI melalui website akan membantu pencari tenaga kerja di Kanada dalam membuka akses TKI di Kanada (LS/KBRI Ottawa).