Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Sosialisasi Terpadu Di Montreal, Provinsi Quebec

KBRI Ottawa dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perwakilan RI Ottawa pada tanggal 7 September 2013 di Montreal, Provinsi Quebec, menyelenggarakan Sosialisasi Terpadu, yaitu Sosialisasi Keimigrasian-Kekonsuleran, Sosialisasi Hasil Kongres Diaspora II (KDI II), dan Sosialisasi Pemilu 2014. Sekitar 90 masyarakat Indonesia, termasuk balita, anak-anak, dan pasangan kawin campur, hadir pada kegiatan tersebut.

Sosialisasi Terpadu tersebut dibuka oleh Wakil Kepala Perwakilan RI, Suprio Utomo Nadir, mewakili Duta Besar RI. Pada kesempatan tersebut, para peserta dan narasumber berdiskusi mengenai proses pendaftaran Kewarganegaraan Ganda bagi Anak, proses mendapatkan Ijin Tinggal Terbatas dan Tetap bagi eks WNI, keberadaan Indonesian Diaspora Network (IDN) di Kanada, pendaftaran untuk berpartisipasi pada Pemilu 2014, dan Partai Peserta Pemilu 2014. Para peserta tidak hanya semangat menyampaikan pertanyaan terkait materi yang dipaparkan oleh narasumber, tapi juga membahas hal-hal lain seperti usulan agar E-KTP dapat dibuat oleh WNI di Perwakilan RI sehingga tidak harus pulang ke Indonesia, dan usulan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara on line bagi WNI yang hendak mengurus Permanent Residence di Kanada.

Foto Bersama Peserta Sosialisasi Terpadu dengan Wakil Kepala Perwakilan RI

Para peserta mengapresiasi upaya KBRI Ottawa dan PPLN Perwakilan RI Ottawa menyelenggarakan Sosialisasi Terpadu seperti ini. Informasi yang diberikan para narasumber terkait perkembangan peraturan keimigrasian-kekonsuleran, dinamika Kongres Diaspora Indonesia, dan Pemilu 2014 dinilai sangat bermanfaat. Para peserta berharap Sosialisasi Terpadu ini dapat diadakan secara berkala di Montreal.

Paparan Kekonsuleran-Keimigrasian

Provinsi Quebec dipilih oleh KBRI Ottawa dan PPLN Perwakilan RI Ottawa sebagai tempat penyelenggaran pertama Sosialisasi Terpadu mengingat jumlah WNI yang terdaftar sebagai calon pemilih untuk Pemilu 2014 terbilang besar, sekitar 381 orang (data Juni 2013). Sosialisasi Terpadu menurut rencana akan diadakan di kota-kota di Provinsi lainnya di Kanada yang masuk dalam wilayah kerja Kekonsuleran KBRI Ottawa dan PPLN Perwakilan RI Ottawa. (FMS-DES/KBRI Ottawa).