Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Forum Pendidikan Kanada-ASEAN, Education for a Better World: Our Global Social Responsibility di Vancouver, British Colombia

Duta Besar RI sebagai Guest of Speaker pada Forum Pendidikan Kanada-ASEAN di Vancouver, BC, 17 November 2013

Canada Bureau for International Education’s (CBIE) pada konferensi tahunannya yang ke-47 membahas masalah pendidikan di ASEAN dalam forum yang dinamai Forum Pendidikan Kanada-ASEAN, dilaksanakan di Vancouver, British Colombia pada tanggal 17 November 2013. Duta Besar RI untuk Kanada/Wakil Tetap RI pada ICAO, diundang sebagai Guest of Speaker mewakili negara anggota ASEAN di Kanada pada acara dimaksud. Sementara, Guest of Speaker Kanada diwakili Chris Greenshields, Director of the International Education and Youth Division, Department of Foreign Affairs, Trade and Development.

Forum dihadiri lebih dari 700 peserta yang terdiri dari para pengamat masalah pendidikan, akademisi, wakil dari seluruh Perguruan Tinggi di Kanada, para wakil akademisi negara-negara anggota ASEAN, wakil SEAMEO, wakil Colombo Plan,  dan wakil Sekretariat ASEAN serta wakil-wakil Kedutaan Besar/Konsulat Jenderal negara anggota ASEAN di Kanada. Indonesia diwakili oleh Atase Pendidikan KBRI Washington, MC Sosbud KBRI Ottawa dan Konsul Sosbud KJRI Vancouver

Forum Pendidikan Kanada-ASEAN dengan tema Education for a Better World: Our Global Social Responsibility dipimpin oleh Ann Buller, Chair of the Board, CBIE, President and CEO, Centennial College. Ann Buller menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir dalam forum tersebut. Beliau berharap agar pakar pendidikan dapat bertukar ide dan pengalaman untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Apa yang bisa dilakukan, sebagai seorang profesional pendidikan internasional, untuk memastikan bahwa pendidikan yang disediakan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat, membantu pengembangan warga global dalam menentukan masa depan secara berkelanjutan, serta bagaimana membuat global learning menjadi kenyataan bagi siswa, institusi pendidikan, dan kita sendiri.

Peserta Forum Pendidikan Kanada-ASEAN yang dihadiri lebih dari 700 orang

Duta Besar RI dalam sambutannya menekankan bahwa  saat ini, pendidikan memainkan peran penting dan menjadi program prioritas di sepuluh negara anggota ASEAN. Pemimpin ASEAN pada tahun 2003 telah sepakat untuk membentuk ASEAN Community pada tahun 2015 yang akan didukung oleh tiga pilar, yaitu pilar politik dan keamanan,  pilar ekonomi  dan pilar sosial budaya,  sebagaimana ditetapkan dalam ASEAN Vision 2020.

ASEAN bertekad untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan untuk kepentingan generasi sekarang melalui kerjasama yang lebih erat di bidang pendidikan.

Pendidikan merupakan inti dari proses pembangunan ASEAN, menciptakan masyarakat berbasis pengetahuan sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan daya saing ASEAN dalam membangun kehidupan masyarakat yang produktif dan kohesif. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu kerjasama yang erat, melengkapi kualitas pengajaran, pembelajaran dan penelitian kelas dunia. Semua ini menuntut sistem pendidikan dan pelatihan yang responsif terhadap tuntutan warga dan ekonomi.

Menggarisbawahi pentingnya kemitraan dan kerjasama. Banyak peluang dan potensi yang dapat memajukan hubungan ASEAN – Kanada, khususnya di bidang pendidikan.

Mendesak para pakar pendidik  ASEAN untuk mempertimbangkan Forum Pendidikan Kanada – ASEAN agar dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Kawasan ASEAN merupakan pasar utama bagi upaya promosi pendidikan internasional di Kanada. Jumlah siswa dari kawasan ASEAN belajar ke Kanada terus meningkat.

Pemerintah Indonesia sendiri telah berupaya keras untuk menyediakan pendidikan dasar bagi semua, untuk meningkatkan ketersediaan pendidikan, untuk meningkatkan aksesibilitas dan keterjangkauan pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, relevansi dan daya saing, serta untuk memperkuat tata kelola dan manajemen akuntabilitas pendidikan.

Menegaskan posisi ASEAN sebagai entitas di kawasan yang penting dan patut diperhitungkan, khususnya dikaitkan dengan konteks pengembangan dan penguatan kemitraan ASEAN – Kanada yang telah terjalin selama ini .

Forum Pendidikan Kanada-ASEAN telah memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pengamat pendidikan dan akademisi Kanada mengenai dinamika dan kemajuan yang tengah terjadi di kawasan Asia Tenggara serta peran ASEAN yang menentukan bagi pembentukan regional architecture saat ini. (FMS-KBRI Ottawa).