Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Promosi Indonesia Sebagai Mitra Perdagangan dan Tujuan Investasi,Ottawa, 26 November 2013

KBRI Ottawa pada tanggal 26 November 2013, menyelenggarakan Business Luncheon bertema “Expanding Indonesia-Canada Economic Relations Through Partnership“. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mempromosikan potensi ekonomi Indonesia sebagai mitra perdagangan dan tujuan investasi bagi kalangan dunia usaha Kanada serta menginformasikan perkembangan makroekonomi Indonesia.

Kegiatan dihadiri kalangan pejabat pemerintah dan dunia usaha setempat (Department of Foreign Affairs, Trade and Development/DFATD, Agriculture and Agri-Food Canada, Trade Facilitation Office (TFO) Canada, Bank of Canada, Export Development Canada, Canadian Co-operative Association, Canada Chamber of Commerce, Ottawa Chamber of Commerce, Bombardier, SNC Lavalin, Canada Apparel Federation, Optelian, dan Eurodata.

Duta Besar RI, Dienne H. Moehario dalam sambutannya menyampaikan perkembangan kerjasama Indonesia dan Kanada yang semakin kuat baik di tingkat bilateral maupun multilateral, ditandai oleh peningkatan saling kunjung pejabat tinggi termasuk kehadiran PM Kanada, the Right Honourable Stephen Harper, ke Indonesia untuk menghadiri KTT APEC tanggal 7-8 Oktober 2013. Dubes RI menekankan komitmen Pemerintah kedua negara untuk meningkatkan hubungandan kerjasama,  seraya mendorong kalangan usaha dalam mencari peluang bisnis yang saling menguntungkan.

Sementara itu, Mr. Micheal Danagher, Direktur Hubungan Perdagangan Asia Selatan, Asia Tenggara dan Oceania pada Kementerian Luar Negeri, Perdagangan dan Pembangunan Kanada, dalam sambutannya menegaskan peningkatan hubungan Kanada dan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, yang tercermin antara lain dari kunjungan ke Indonesia oleh Menteri Luar Negeri John Baird dan Menteri Perdagangan Internasional Ed Fast. Ia juga menekankan kehadiran sejumlah perusahaan Kanada di Indonesia, terutama yang bergerak di sektor pertambangan, asuransi dan telekomunikasi. Mr. Danagher menyambut baik kehadiran kalangan swasta pada kegiatan ini seraya menyatakan dukungannya terhadap pengembangan hubungan bisnis antara Kanada dengan Indonesia.

Narasumber kegiatan ini adalah Dr. Sugeng, Kepala Kantor Perwakilan BI di NY; Yos Harmen, Kepala Indonesian Investment Promotion Centre di New York; dan Sulistya Widayanta, Atase Perdagangan KBRI Ottawa.

Dr. Sugeng memaparkan perkembangan ekonomi Indonesia yang tidak lepas dari pengaruh ekonomi global. Disampaikan, antara lain, meskipun menghadapi tantangan eksternal, ekonomi Indonesia relatif stabil. Ditambahkan, kelompok menengah di Indonesia terus bertambah yang memiliki peran dan potensi signifikan di dalam ekonomi.

Yos Harmen menyampaikan regulasi dan insentif investasi di Indonesia, serta realisasi investasi di Indonesia yang terus meningkat termasuk investasi asing. Ia juga memaparkan peluang investasi di sejumlah proyek infrastruktur seperti rencana pembangunan jembatan Selat Sunda, jalur kereta api ke Bandar udara Soekarno – Hatta, jalan tol antara Balikpapan – Samarinda, pengolahan sampah di Bogor dan Pembangkit ListrikTenaga Air di Karama.

Sulistya Widayanta memaparkan mengenai kesiapan KBRI Ottawa mendukung pengusaha Kanada dan Indonesia dalam meningkatkan hubungan perdagangan. Dikatakan Indonesia memiliki potensi dan beragam produk yang dapat memenuhi permintaan dunia usaha Kanada, baik berupa bahan baku maupun produk jadi.

Dalam sesi diskusi dengan Bapak Robby Tulus sebagai moderator, para peserta menanyakan, antara lain, mengenai kebijakan perdagangan Indonesia serta proyek Public Private Partnership infrastruktur di Indonesia. (HM/LS/KBRI Ottawa).