Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Komitmen Pimpinan Pemerintahan Daerah/Kota Indonesia untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Sebagaimana Dilakukan di Kanada

Para Bupati/Walikota, yang mewakili 11 Kabupaten/Kota di Indonesia, menyatakan komitmennya untuk memberikan pelayanan publik yang paripurna kepada masyarakat Indonesia.  Hal ini disampaikan dalam kunjungan kehormatan kepada Duta Besar RI untuk Kanada di Ottawa, 9 Desember 2013.

Dalam pertemuan telah disampaikan berbagai hal yang terkait dengan upaya peningkatan hubungan bilateral  Indonesia-Kanada, di bidang politik keamanan, ekonomi, perdagangan dan sosial budaya serta hubungan people-to-people contact.  Secara umum, para Bupati/Walikota melihat keunggulan Kanada dalam memberikan pelayanan publik yang paripurna, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

Besar RI Dienne H. Moehario dan Wakil Kepala Perwakilan RI Suprio Utomo Nadir Bersama Delegasi Kementerian Dalam Negeri, Ottawa, 9 Desember 2013

Disamping itu, beberapa Kepala Daerah Bupati menyampaikan potensi-potensi daerah masing-masing dan memerlukan informasi tentang mitra kerja terkait di Kanada, antara lain di sektor pertambangan (Kab. Bengkulu Tengah), pertanian (getah pinus, Kab. Gowa), peluang tenaga kerja dan pembukaan restaurant Indonesia (Kab. Solok), pendidikan (Kab. Singkawang), perikanan/kelautan (Kab. Landak dan Setda Prov. Kepulauan Riau), termasuk mitra investor Crude Palm Oil (CPO), batubara, dan tenaga paramedis.

Duta Besar RI Dienne H. Moehario menyampaikan Perkembangan Hubungan Bilateral RI-Kanada kepada para Delegasi Kemendagri dan 11 Perwakilan Pemerintahan Kabupaten/Kota Indonesia

Delegasi Kepala Daerah ini merupakan bagian dari Delegasi RI yang dipimpin oleh Dr. Yusharto H, M.Pd, Kepala Pusat Administrasi Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  Anggota Delegari RI lainnya, terdiri dari pejabat Kemendagri dan beberapa Kepala-Kepala Dinas terkait dari beberapa Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Selama di Kanada, 30 November – 12 Desember 2013, Delegasi mengikuti pelatihan “Program Training on Building Local Government Capacity in the Implementation of Minimum Service Standard in Public Services Delivery” di Halifax, Propinsi Nova Scotia; pertemuan dengan Universitas Delhousie dan kunjungan ke kota Montreal, Ottawa dan Toronto (KBRI Ottawa/FS).