Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Semangat Persahabatan Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group

Duta Besar Dienne H. Moehario bersama Senator David Smith, Senator Salma Ataullahjan, the Honourable Terrence Young, MP, Senator Tobias C. Enverga Jr., The Honourable Deepak Obhrai, MP, Senator Suzanne Fortin Duplessis, Senator Thanh Hai Ngo, The Honourable Gary Schellenberger, MP, Senator Victor Oh, The Honourable Devinder Shory, MP dan Senator Terry Mercer dalam pertemuan di Gedung Parlemen Kanada, Ottawa, 28 November 2013

Pada 28 November 2013, Duta Besar RI untuk Kanada, Dienne H. Moehario melakukan pertemuan dengan Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group (CIPFG) di Gedung Parlemen Kanada, Ottawa. Pertemuan tersebut dimanfaatkan untuk menyampaikan perkembangan terkini perihal hubungan bilateral RI-Kanada termasuk Forum Konsultasi Bilateral, ASEAN-Kanada sebagai Mitra Wicara, Komitmen dalam KTT APEC 2013, rencana penyelenggaraan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO ke-9 di Bali, 3-6 Desember 2013 dan penyelenggaraan Pemilu Indonesia 2014. Co-Chairs CIPFG, yaitu 1) The Honourable Deepak Obhrai, Member of Parliament (MP) dari Partai Konservatif dan 2) Senator Victor Oh (Partai Konservatif) menghadiri pertemuan tersebut. Anggota CIPFG yang hadir adalah: 3) Senator Terry Mercer (Partai Liberal), 4) Senator Suzanne Fortin Duplessis (Partai Konservatif), 5) Senator Salma Ataullahjan (Partai Konservatif), 6) Senator Asha Seth (Partai Konservatif), 7) Senator Thanh Hai Ngo (Partai Konservatif), 8 ) Senator Tobias C. Enverga Jr. (Partai Konservatif), 9) Senator David Smith (Partai Liberal), 10) Senator Dennis Dawson (Partai Liberal), 11) Senator Nancy Ruth (Partai Konservatif), 12) The Honourable Leon Benoit, MP (Partai Konservatif), 13) The Honourable Devinder Shory, MP (Partai Konservatif), 14) The Honourable Terrence Young, MP (Partai Konservatif) dan 15) The Honourable Gary Schellenberger, MP (Partai Konservatif). Dari keseluruhan 28 (dua puluh delapan) Anggota CIPFG, 2 (dua) Co-Chairs dan 13 (tiga belas) Anggota CIPFG hadir dalam pertemuan tersebut.

Duta Besar Dienne H. Moehario bersilaturahmi dengan Senator Victor Oh, Co-Chair baru CIPFG

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI menginformasikan tentang berbagai peluang peningkatan kerjasama di bidang investasi dan perdagangan, tentang upaya memperdalam kerjasama bilateral melalui Forum Konsultasi Bilateral yang mulai tahun 2013 telah dipimpin oleh Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa dan Menteri Luar Negeri Kanada John Baird. Peningkatan intensitas kerjasama dalam kerangka regional dan multilateral juga menjadi fokus diskusi, antara lain melalui kerjasama Dialog ASEAN-Kanada, APEC dan WTO. Berbagai isu lain yang dibahas adalah tentang pembangunan jangka menengah Indonesia dan dukungan negara-negara sahabat untuk meringankan korban Topan Haiyan yang melanda Filipina November 2013.

Duta Besar RI menyampaikan bahwa Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum pada tahun 2014. Pemilu Anggota DPR akan dilaksanakan tanggal 30 Maret – 6 April 2014 dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dijadwalkan September 2014.

CIPFG kembali menyampaikan keinginan kuat untuk bekerja sama dengan Parlemen RI mengupayakan pengembangan kerjasama di berbagai bidang baik secara bilateral, regional dan internasional, sebagaimana dimuat dalam Joint Declaration between the Indonesia-Canada Parliamentary Friendship Group and the Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group, yang ditandatangani 24 Oktober 2012 oleh Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso serta Co-Chairs CIPFG, di sela-sela Sidang Umum Inter Parliamentary Union ke-28 di Quebec City, Kanada. (SM/KBRI Ottawa)