Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Silahturahmi KBRI Ottawa Dengan Masyarakat Indonesia di Fredericton, Provinsi New Brunswick

Di sela-sela kunjungan kerja Duta Besar RI ke kota Fredericton, Provinsi New Brunswick, KBRI Ottawa mengadakan acara silahturahmi dengan masyarakat Indonesia yang berdomisili di Provinsi New Brunswick tanggal 3 Desember 2013. Masyarakat Indonesia yang hadir tidak hanya berasal dari kota Fredericton, tapi juga yang tinggal di kota St. John (± 110 km dari kota Fredericton).

Duta Besar RI Menyampaikan Paparan Mengenai Perkembangan Hubungan Indonesia-Kanada

Pada silahturahmi tersebut, Duta Besar RI menyampaikan paparan mengenai perkembangan hubungan Indonesia-Kanada di semua sektor: politik, ekonomi, sosial budaya, dan dalam kerangka ASEAN, G20, dan APEC. Duta Besar RI juga menyampaikan bahwa kedua negara baru saja memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kanada pada tahun 2012, dan salah satu momen peringatan tersebut adalah penerbitan buku Friendship Beyond Borders: Celebrating Sixty Years of Indonesian-Canadian Diplomatic Relations. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI menyerahkan buku Friendship Beyond Borders kepada 2 (dua) mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Provinsi New Brunswick.

Kesempatan silaturahmi ini juga digunakan oleh KBRI Ottawa untuk menyampaikan Sosialisasi Kekonsuleran dan Keimigrasian, serta Sosialisasi Pemilu 2014. Terkait Sosialisasi Kekonsuleran dan Keimigrasian, dijelaskan mengenai pentingnya lapor diri bagi WNI yang tinggal di luar negeri, pendaftaran bagi anak yang masuk kategori kewarganegaraan ganda terbatas, dan pemanfaatan fasilitas ijin tinggal terbatas (ITAS) dan ijin tinggal tetap (ITAP) bagi WNA yang ingin tinggal di Indonesia dalam jangka waktu lama.

Berkenaan dengan Pemilu 2014, disampaikan mengenai partai peserta Pemilu 2014, teknis pemberian suara, teknis penyampaian surat suara, dan jadwal pelaksanaan Pemilu 2014 anggota legislatif (DPR) di Ottawa yaitu tanggal 5 April 2014 pemungutan suara secara langsung di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di KBRI Ottawa; tanggal 30 Maret-6 April 2014 (cap pos) penyampaian surat suara melalui pos kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perwakilan RI Ottawa; dan penghitungan suara tanggal 9 April 2014. Pada kesempatan ini, para peserta juga diminta untuk mencek apakah namanya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN).

Foto Bersama Duta Besar RI dengan Masyarakat Indonesia di Provinsi New Brunswick

Suasana hangat dan kekeluargaan melingkupi acara silahturahmi KBRI Ottawa dengan masyarakat Indonesia di kota Fredericton, Provinsi New Brunswick. Masyarakat Indonesia di Provinsi New Brunswick menyampaikan penghargaan atas upaya KBRI mengadakan silahturahmi dan memaparkan berbagai perkembangan di tanah air dan hubungan Indonesia-Kanada. Masyarakat menginginkan kiranya acara silahturahmi seperti ini dapat diadakan secara berkala di Provinsi New Brunswick. (DES, KBRI Ottawa).