Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

PPLN Ottawa Dorong Partisipasi Aktif Mahasiswa Indonesia Di Ottawa Pada Pemilu 2014

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Perwakilan RI Ottawa mengajak mahasiswa Indonesia di Ottawa dan sekitarnya untuk berpartisipasi aktif pada rangkaian Pemilu 2014 yang diselenggarakan oleh bangsa Indonesia, yaitu Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat bulan April 2014, dan Pemilu Presiden-Wakil Presiden bulan Juli 2014. Ajakan tersebut disampaikan oleh PPLN Ottawa pada acara Sosialisasi Pemilu 2014 yang secara khusus diadakan bagi mahasiswa Indonesia di Ottawa dan sekitarnya pada tanggal 18 Februari 2014.

Pada kesempatan tersebut, PPLN Ottawa menyampaikan materi mengenai: (a) Jadwal pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), KBRI Ottawa, yaitu tanggal 5 April 2014 dan 9 April 2014; (b) Daftar calon anggota DPR Daerah Pemilihan Jakarta II; (c) Simulasi cara memberikan suara yaitu dengan mencoblos nomor urut, tanda gambar dan nama Partai Politik, atau mencoblos nomor urut dan nama calon anggota DPR, atau mencoblos nomor urut, tanda gambar, nama Partai Politik dan nomor urut, nama calon anggota DPR pada Partai Politik yang sama. PPLN Ottawa juga memperkenalkan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Ottawa kepada mahasiswa Indonesia.

Foto Bersama KBRI Ottawa, PPLN Ottawa dengan Mahasiswa Indonesia di Ottawa (PERMIKA Ottawa)

Mahasiswa Indonesia yang hadir pada Sosialisasi Pemilu 2014 berkomitmen untuk mendatangi TPSLN pada hari pemungutan suara tanggal 5 April 2014, dan akan mendorong rekan-rekan mahasiswa lainnya yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada-Ottawa (PERMIKA Ottawa) untuk berpartisipasi aktif pada Pemilu 2014. PERMIKA Ottawa akan mendata kembali  nama-nama mahasiswa yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) dan akan menyerahkannya kepada PPLN Ottawa.

Guna lebih mengingatkan pada Pemilu 2014, PPLN Ottawa membagikan kalender, kaos dan buletin Pemilu 2014 kepada mahasiswa Indonesia yang hadir.

Sosialisasi Pemilu 2014 yang diadakan PPLN Ottawa ini merupakan rangkaian sosialisasi yang khusus diberikan kepada kantong-kantong masyarakat Indonesia. Pada tanggal 18 Januari 2014, PPLN Ottawa telah memberikan Sosialisasi Pemilu 2014 kepada kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ottawa. Pada bulan Maret 2014, PPLN Ottawa akan menjangkau mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Montreal, dan masyarakat Indonesia di Ottawa yang tergabung dalam Indonesian Canadian Congress (ICC).

Paparan Materi Pemilu 2014 oleh PPLN Ottawa

KBRI Ottawa turut mendukung PPLN Ottawa pada setiap acara Sosialisasi Pemilu 2014 tersebut, dan memanfaatkan untuk Sosialiasi Kekonsuleran-Keimigrasian, dan Sosialisasi Perkembangan Hubungan Bilateral RI-Kanada dan Peran RI pada Fora Multilateral (International Civil Aviation Organization-ICAO).  (FMS-DES, KBRI Ottawa)