Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Indonesia Berpartisipasi Pada Pameran Salon International d’Alimentation Canada (SIAL) 2014 Montreal, 2 – 4 April 2014

Indonesia telah berpartisipasi pada pameran industri makanan dan minuman Salon International d’Alimentation Canada (SIAL) 2014 di Montreal, 2 – 4 April 2014. Pameran yang berlangsung di Palais des congrès de Montreal, diikuti 700 eksibitor dari 45 negara serta dihadiri 14.000 pengunjung profesional dari 61 negara.

Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi, didampingi Duta Besar RI untuk Kanada dan Direktur Jenderal PengembanganEkspor Nasional, Kemendag, meresmikan pavilion Indonesia pada SIAL 2014.

Keikutsertaan Indonesia pada SIAL 2014 dipimpin oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Bapak Bayu Krisnamurthi dengan menghadirkan 13 perusahaan Indonesia yaitu PT Niramas Utama (INACO), PT Fruit-ING Indonesia, PT Aneka Coffee Industry, PT Aimfood Manufacturing Indonesia, PT Quintino’s Djava, PT Cocomas, Javaplant, PT Aksara Kencana Putra,PT Sungai Budi, PT Tirta Marta, PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk., PT Ragam Jasa Indah (Rajahe) dan PT. Anggana Catur Prima.Selain perusahaan yang datang dari Indonesia, turut berpartisipasi adalah Oey Trading Co dan Maximo Coffee, distributor makanan dan minuman Indonesia di Toronto dan Vancouver.

Pengunjung mendapat penjelasan di salah satu stan Indonesia.

Stan Indonesia mengambil tema Trade with Remarkable Indonesia, menampilkan berbagai produk makanan seperti mie instan, sambal, rempah, bahan baku produk herbal,snacks, nata de coco dan minuman, seperti teh, kopi, jahe, air kelapa serta produk santan dan madu. Disamping itu, ditampilkan pula produk kantong ramah lingkungan yang sebagian bahan bakunya adalah tapioka. Nilai transaksi selama pameran sekitar USD3,7 juta dimana sejumlah peserta Indonesia mendapat pesanan (order) dari importir Kanada.

SIAL merupakan pameran produk makanan dan produk lain terkait industri makanan yang diselenggarakan setiap tahun secara bergiliran di kota Toronto dan Montreal. SIAL 2014 diselenggarakan di kota Montreal, yang merupakan salah satu pusat bisnis di Kanada.

Keikutsertaan perusahaan Indonesia dalam SIAL 2014 merupakan upaya promosi dan penetrasi produk makanan Indonesia ke kawasan Amerika Utara umumnya dan Kanada khususnya.Pasar Kanada memiliki potensi cukup besar bagi produk makanan Indonesia, yang tercermin dari sekitar 30% konsumsi makanan merupakan produk impor serta keragaman masyarakat Kanada yang mendorong permintaan produk makanan etnik. (KBRI Ottawa/HM)