Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Women Ambassadors Of Ottawa (WAO) Bekerja Sama Dengan Parlemen Kanada Memperingati Hari Perempuan Internasional 2014

Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Status Perempuan Kanada, the Honourable Dr. K. Kellie Leitch, P.C., O. Ont., M.P. menyampaikan Keynote Address dalam Peringatan Hari Perempuan Internasional di Gedung Parlemen Kanada, Ottawa, 25 Maret 2014

Women Ambassadors of Ottawa (WAO) bekerja sama dengan Parlemen Kanada memperingati Hari Perempuan Internasional 2014 di Gedung Parlemen Kanada, 25 Maret 2014, dengan Keynote Speaker Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Status Perempuan Kanada, the Honourable Dr. K. Kellie Leitch, P.C., O. Ont., M.P. Tema Peringatan tersebut adalah “Equality for Women is Progress for All”. Tamu-tamu Kehormatan dalam kegiatan dimaksud adalah Speaker of the House of Commons, the Honourable Andrew Scheer, M.P., the Honourable Linda Frum yang mewakili Speaker of the Senate, the Honourable Noel A. Kinsella; Menteri Kewarganegaraan dan Imigrasi, the Honourable Chris Alexander; dan Menteri Muda Hubungan Luar Negeri dan Kekonsuleran, the Honourable Lynne Yelich.

H.E. Dienne H. Moehario selaku Presiden WAO membuka Peringatan tersebut dengan menggarisbawahi pentingnya kaum perempuan dan laki-laki bekerja sama menjadikan abad kini sebagai abad untuk kesetaraan gender. The Honourable Dr. K. Kellie Leitch, P.C., O. Ont., M.P. dalam Keynote Address-nya menekankan bahwa perempuan harus menjadi champion yang dapat dijadikan panutan dan inspirasi dalam mendorong perempuan lainnya melawan ketidakadilan yang dialami. Para pemimpin perempuan harus menjadi champion yang terus membuka pintu bagi kesetaraan gender. Pendidikan yang secara berkesinambungan menyuarakan persamaan hak bagi kaum perempuan merupakan faktor kunci merealisasikan kesetaraan gender. The Honourable Andrew Scheer, The Honourable Linda Frum, The Honourable Chris Alexander dan the Honourable Lynne Yelich menekankan bahwa Kanada sangat mendukung kesetaraan gender dan akan terus menggali segala potensi yang ada.

Women Ambassadors of Ottawa bersama para Tamu Kehormatan dan Panelis. Baris depan, duduk, dari kiri ke kanan: Ms. Helene Leblanc, M.P., Mrs. Joy Smith, M.P. Ms. Almas Jiwani (UN Women Canada), Prof. Ann Denis (Universitas Ottawa, CRIAW), The Honourable Andrew Scheer, The Honourable Kellie Leitch, Senator Linda Frum, H.E. Nancy Ndiaye Ngom (Dubes Senegal untuk Kanada) dan H.E. Dienne H. Moehario (Dubes RI untuk Kanada)

Dalam peringatan tersebut, terdapat 4 (empat) Panelis yang membahas berbagai isu tentang pemberdayaan perempuan. Ms. Almas Jiwani, Presiden United Nations Women National Committee Canada, membahas tentang “Pemberdayaan Ekonomi Perempuan”; Professor Ann Denis dari Universitas Ottawa dan Canadian Research Institute for the Advancement of Women fokus membicarakan “Partisipasi Perempuan di Seluruh Jenjang Pendidikan”; Mrs. Joy Smith, Anggota Parlemen, Anggota Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group berbicara tentang “Perempuan dalam Perspektif Hukum”; dan Ms. Helene Leblanc, Anggota Parlemen, Ketua Standing Committee on the Status of Women (FEWO), membahas tentang “Partisipasi Perempuan dalam Pembuatan Kebijakan”. H.E. Nouzha Chekrouni, Duta Besar Maroko untuk Kanada, berperan sebagai Moderator

Dengan memperingati Hari Perempuan Internasional 2014, Women Ambassadors of Ottawa berharap bahwa kesetaraan hak dan partisipasi perempuan dalam kehidupan bermasyarakat dapat berkontribusi dalam upaya mencapai Millenium Development Goals. Melalui Pernyataan WAO (WAO Statement) yang dikeluarkan sebagai hasil peringatan tersebut, WAO meminta publik untuk bercermin dari berbagai kemajuan yang telah dicapai, dan menekankan pentingnya perubahan yang membangun dan meminta dukungan dan tekad kuat dari berbagai pihak yang telah berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara masing-masing, untuk menjadikan abad ini sebagai abad untuk kesetaraan gender. Equality for Women is Progress for All. (SM/KBRI Ottawa)