Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Gema Pemilu Presiden-Wakil Presiden RI Tahun 2014 Di Kawasan Atlantik Kanada

Gema Pemilu Presiden-Wakil Presiden RI Tahun 2014 disuarakan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Ottawa tanggal 24 Mei 2014 melalui kegiatan Sosialisasi Pemilu 2014 di kota St. John’s, Provinsi Newfoundland and Labrador, salah satu provinsi maritim Kanada di kawasan Atlantik. Sebanyak 27 masyarakat Indonesia, terdiri dari mahasiswa, kalangan professional, dan pasangan kawin campur, hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Pada pertemuan tersebut, Ketua PPLN Ottawa, Sdri. Dyah Anggraini, menyampaikan penjelasan mengenai: (a) hasil perolehan suara tiap-tiap partai pada Pemilu Anggota DPR RI Tahun 2014 di Ottawa yaitu PDIP: 122 suara, Partai Gerindra: 43 suara, PKS: 41 suara, PAN: 25 suara, Partai Demokrat: 22 suara, Partai Golkar: 15 suara, PPP: 10 suara, Partai Nasdem: 6 suara, PKB: 4 suara, PBB: 4 suara, Partai Hanura: 3 suara, dan PKPI: 2 suara; (b) hasil Pemilu Legislatif Tahun 2014 secara nasional; (c) Pemilu Presiden-Wakil Presiden RI Tahun 2014 tanggal 9 Juli 2014 dengan dua pasang Capres-Cawapres yaitu pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa; (d) Metode pemungutan suara Pemilu Presiden-Wakil Presiden Tahun 2014 di Ottawa yaitu pemungutan suara secara langsung tanggal 5 Juli 2014 mulai pukul 08.00-18.00, dan pemungutan suara melalui pos hingga 14 Juli 2014; serta (e) Teknis memberikan suara pada Pemilu Presiden-Wakil Presiden 2014 yaitu dengan mencoblos.

Ketua PPLN Ottawa Menyampaikan Paparan Pada Acara Sosialisasi Pemilu 2014 Di St. John’s Provinsi Newfoundland and Labrador, 24 Mei 2014

Terkait teknis pemberian suara, berdasarkan pengalaman pada Pemilu Anggota DPR Tahun 2014, Ketua PPLN Ottawa menekankan agar pemilih hanya “mencoblos” surat suara dan tidak memberikan tanda atau coretan apapun pada kertas surat suara guna menghindari surat suara yang dinyatakan tidak sah. Apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas berkenaan dengan pelaksanaan Pemilu Presiden-Wakil Presiden RI Tahun 2014, Ketua PPLN mendorong agar masyarakat tidak sungkan menghubungi PPLN Ottawa melalui e-mail: pemilu2014@indonesia-ottawa.org. Dijelaskan pula bahwa semua informasi mengenai Pemilu 2014 di Ottawa dan di tanah air dapat diakses pada website PPLN Ottawa: www.pplnottawa.org.

Pada kesempatan ini, juga diberikan Sosialisasi Kekonsuleran-Keimigrasian oleh KBRI Ottawa dengan materi: pentingnya lapor diri bagi WNI di luar negeri, prosedur penggantian Paspor RI, legalisasi dokumen, kewarganegaraan ganda terbatas, dan fasilitas ijin tinggal di Indonesia bagi warga negara asing (ijin tinggal terbatas, ijin tinggal tetap dan wisatawan lanjut usia manca negara).

Foto Bersama Sosialisasi Pemilu 2014 Dan Sosialisasi Kekonsuleran-Keimigrasian Di St. John’s, Provinsi Newfoundland and Labrador, 24 Mei 2014

Penyelenggaraan Sosialisasi Pemilu 2014 dan Sosialisasi Kekonsuleran-Keimigrasian ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia yang berdomisili di wilayah Atlantik Kanada ini. Terkait Pemilu 2014, para peserta sosialisasi berkomitmen untuk mendukung Pemilu Presiden-Wakil Presiden RI sebagai bentuk partisipasi memajukan kehidupan berdemokrasi di tanah air; sementara mengenai Sosialiasi Kekonsuleran-Keimigrasian, para peserta berharap dapat dilakukan secara berkala di Provinsi Newfoundland and Labrador guna menambah wawasan, pemahaman dan pengertian atas berbagai peraturan terkait Kekonsuleran-Keimigrasian. (DES/KBRI Ottawa).