Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Indonesia Tingkatkan SDM Untuk Wujudkan Bandara Berkelas Dunia

Dubes RI untuk Kanada, Dienne H. Moehario dan Komisaris Utama serta Dewan Direksi PT Angkasa Pura II dan Peserta Diklat Airport Management Excellence Program (AMEP), Montreal, Kanada, 16 Mei 2014

Pada 14-20 Mei 2014, KBRI Ottawa telah memfasilitasi kegiatan peserta Airport Management Excellence Program (AMEP) yang diselenggarakan berdasarkan kerjasama antara Angkasa Pura II dan Aviation Strategies International (ASI) dalam upaya meningkatkan keahlian dan kompetensi para manajer pengelola bandara secara profesional, kompeten dan berwawasan komprehensif agar mampu menjabarkan dan melaksanakan visi, misi dan program manajemen bandara yang di kelola oleh PT Angkasa Pura II  yang berkelas dunia.

Sejumlah 25 Manajer yang sudah terseleksi oleh Manajemen PT. Angkasa Pura II telah mengikuti 4 (empat) segmen kegiatan dari 5 (lima) segmen kegiatan dalam Diklat AMEP. Dari kelima segmen tersebut, 4 (empat) segmen telah diselenggarakan di Jakarta. Pelatihan yang dilaksanakan di Montreal dari tanggal 12-20 Mei 2014 merupakan segmen kelima.  Komisaris Utama dan Dewan Direksi PT Angkasa Pura II mengunjungi peserta diklat dari tanggal 14-20 mei 2014 karena kelompok ini merupakan kelompok pertama dari 3 kelompok peserta (masing-masing berjumlah 25 orang) yang akan mengikuti diklat AMEP tahun 2014.

Fokus 5 (lima) Segmen AMEP tersebut adalah Air Transport Industry Overview for Decision Makers, Strategic Management of Airport Infrastructure, Airport Operations Management, Establishment of an Aerodrome manual, Airport Commercial Management and Strategic Business Planning, Leadership Seminar and Industry Visits.

Dalam Industry Visits, peserta AMEP pada 16 Mei 2014 mengunjungi Bombardier (industri pesawat terbang)   dan SITA (Societe Internationale de Telecomunication Aeronatiques). Pada 17 Mei 2014, peserta AMEP mengunjungi Bandara Jean Lesage di Quebec City. SITA adalah perusahaan teknologi informasi multinasional dengan spesialisasi penyediaan IT dan pelayanan telekomunikasi pada industri transportasi udara. PT Angkasa Pura II merupakan salah satu pengguna jasa perusahaan ini terutama untuk pengoperasiaan beberapa bandara di Indonesia termasuk pengelolaan IT bandara, keselamatan dan keamanan serta pemrosesan chek in penumpang.

Duta Besar RI/Wakil Tetap RI pada ICAO, pada acara Resepsi oleh ASI tanggal 15 Mei 2014  dan Acara Jamuan Santap Malam oleh Duta Besar RI tanggal 16 Mei 2014, menyampaikan bahwa pengembangan SDM dalam penerbangan sipil penting. Sebagaimana ditekankan oleh ICAO, hal tersebut merupakan salah satu aspek utama pendukung keselamatan penerbangan dan pembangunan  transportasi udara berkelanjutan. Diklat AMEP bermanfaat bagi pengembangan SDM PT Angkasa Pura II untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan, menerapkan ide-ide strategi baru dan mengidentifikasi kekuatan kompetisi mereka untuk mengatasi dan mengantisipasi tantangan. Program ini sesuai dengan komitmen kuat Indonesia untuk mencapai sasaran strategis ICAO 2013-2016. Kerjasama antara ASI dan Angkasa Pura II juga mencerminkan “the deepening engagement” antara Indonesia dan Kanada di sektor penerbangan.

Wisuda Peserta Diklat Airport Management Excellence Program (AMEP) dihadiri pimpinan dan Staf Aviation Strategies International (ASI), Komisaris Utama dan Dewan Direksi PT Angkasa Pura II serta Minister Counsellor Politik KBRI Ottawa dan Atase Perhubungan/Alternate Representative pada ICAO, Montreal, Kanada, 19 Mei 2014

Pada Wisuda 19 Mei 2014,  peserta AMEP menerima 3  buah sertifikat dari Aviation Strategies International (ASI) untuk AMEP, ICAO TRAINAIR Plus untuk Establishment of an Aerodrome Manual Course dan dari Concordia University untuk Leadership for successful Strategic Management Course. Berbekal 3 sertifikat dengan standar internasional tersebut, diharapkan dalam 2-4 tahun ke depan, mereka dapat memimpin dan mewujudkan bandara Indonesia  berkelas dunia tahun 2016 (CR/KBRI Ottawa).