Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Partisipasi Indonesia pada Peringatan Hari Waisak di Kanada

Pada tanggal 4 Mei 2014, komunitas agama Budha di Ottawa menyelengarakan Perayaan Waisak 2014 di Gedung City Hall (Walikota) Ottawa. Acara dihadiri oleh sekitar 300 umat Budha yang berdomisili di Kanada, khususnya di kota Ottawa dan sekitarnya. Disamping itu, perayaan Hari Waisak juga dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari kalangan parlemen dan City Counselor.

Partisipasi Indonesia dalam acara Perayaan Waisak 2014 adalah dengan membuka paviliun Indonesia yang menampilkan poster Candi Borobudur (Candi Budha terbesar di dunia), Candi Prambanan dan buku-buku yang memuat berbagai gambar mengenai candi di Indonesia, produk ekonomi kreatif dan brosur-brosur pariwisata Indonesia.

Candi Borobudur, Candi Budha terbesar di dunia, mendapatkan perhatian khusus dari para pengunjung paviliun Indonesia

Paviliun Indonesia juga menampilkan berbagai brosur pariwisata, produk ekonomi kreatif dan wayang kulit

Penyelenggaraan Hari Waisak Tahun 2014 di Ottawa mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Thailand dan organisasi kemasyarakatan Budha yang ada di Ontario, antara lain: Cambodian Buddhist Temple, Chùa Phổ Đà (Vietnamese Buddhist Congregation), Pine Gate Mindfulness Community, Thai Community in Ottawa, Vietnamese Buddhist Youth Community in Ottawa, Sri Lankan Community in Ottawa, Sirin Research Centre, Sage Ontario for Mindful Leadership, Ottawa Buddhist Society, dan International Buddhist Progress Society of Ottawa.

Para Umat Budha Merayakan Peringatan Hari Waisak 2014 City Hall, Ottawa, 4 Mei 2014

Acara Perayaan diawali dengan pembacaan naskah sambutan Gubernur Jenderal, Sambutan Perdana Menteri, dan Sambutan Premier Ontario, dilanjutkan sambutan Duta Besar Thailand Pisan Manawapat, Visita Leelaratna (Ketua Panitia Penyelenggara), dan Jim Watson (Walikota Ottawa). Pada intinya sambutan yang disampaikan berisikan ucapan selamat kepada umat Budha dan dijunjungnya nilai-nilai kemajemukan di masyarakat Kanada sehingga menciptakan kehidupan yang damai dan harmoni di tengah masyarakat Kanada.

Kegiatan perayaan juga diisi dengan acara keagamaan berupa Sangha Procession dan Sangha Chanting for World Peace, hiburan berupa musik dan tarian serta penyampaian materi “Can We Stop Cyber Bullying” dan “Happiness through Mindfulness” oleh Profesor Emeritus Ian Prattis (KBRI Ottawa/FS).