Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Upaya Menarik Wisatawan Kanada melalui Promosi Pariwisata dan Promosi Kuliner Indonesia

Indonesia telah berpartisipasi pada acara “Experience Asia” dalam rangka Asian Heritage Month (AHM) 2014, di Kantor Walikota Gatineau, Kanada, 24 Mei 2014,.  Acara dibuka oleh Deputi Walikota Gatineau, Mireille Apollon dan dihadiri perwakilan dari misi Diplomatik/Konsuler, para wartawan dan para tamu undangan lainnya.  Diperkirakan sekitar 400 orang para pengunjung telah berkunjung pada acara tersebut.

Dalam sambutan pembukaan, Deputi Walikota Mereille Apallon antara lain menyampaikan masyarakat Kanada yang berasal dari Asia merupakan bagian penting dari Kanada, disamping jumlahnya yang signifikan, mareka juga merupakan aktor utama pembangunan di Kanada.  Deputi Walikota Apallon menyerahkan penghargaan kepada warga negara Kanada yang telah berjasa dalam pengembangan budaya negara-negara Asia, yaitu:  Sonia St Michel, Tracey Vibert dan Jamie Gullikson (Semara Winangun, Gamelan Bali).

Tari Giring-Giring (Kalimantan), Tarian Perang (Papua) dan Tari Jaipong Bajidor Nahot (Jawa Barat) Mempesona Para Pengunjung “Experience Asia” dalam rangka Asian Heritage Month (AHM) 2014, di Kantor Walikota Gatineau, Kanada

Partisipasi Indonesia pada acara “Experience Asia” terdiri dari paviliun/stand pariwisata, stand kuliner dan penampilan tarian nusantara.  Stand pariwisata Indonesia menampilkan berbagai brosur pariwisata, Informasi kekonsuleran/visa, produk-produk ekonomi kreatif (tenunan, kerajinan tangan, batik, dll) dan banner-banner pariwisata.  Paviliun kuliner Indonesia menampilkan ikon kuliner Indonesia seperti: nasi goreng, mie goreng, kue lapis Surabaya, winko, pastel. Lumpia, dll.  Beberapa tarian nusantara yang ditampilkan oleh masyarakat Indonesia dan PERMIKA Ottawa adalah:  Tari Giring-Giring (Kalimantan),  Tarian Perang (Papua) dan Tari Jaipong Bajidor Nahot (Jawa Barat).  Group Semara Winangun juga turut promosi kebudayaan Indonesia dengan memainkan Gamelan Bali.

Partisipasi Indonesia merupakan upaya promosi Indonesia secara berkesinambungan di Kanada dan untuk meningkatkan citra positif Indonesia sehingga dapat menarik wisatawan Kanada  melalui promosi pariwisata dan kuliner.

Duta Besar RI Dienne H. Moehario Berkunjung ke Paviliun Kuliner dan Paviliun Pariwisata Indonesia, pada Acara “Experience Asia” dalam rangka Asian Heritage Month (AHM) 2014, di Kantor Walikota Gatineau, Kanada

Kegiatan “Experience Asia” diikuti oleh beberapa Perwakilan Diplomatik negara-negara Asia dan kelompok-kelompok masyarakat Asia yang ada di Ottawa, Gatineau dan sekitarnya, antara lain:  Kedutaan Besar RI, Kedutaan Besar Korea Selatan, Kedutaan Besar Filipina, Kedutaan Besar Thailand, Kedutaan Besar Turki, Falun Dafa and the Chinese Community, Gamelan Semara Winangun, Korean Community Association of Ottawa (KCAO), N 1 Thai Boxing Academy, Ollin Projects, Omely Performing Arts, SOPAR (Société de partage), TAV Creations, Thai Association of Ottawa, Thai Dance Troupe of Ottawa, Vietnamese Canadian Community of Ottawa, dan Vietnamese Traditional Musical Group of Montreal. (Sumber: KBRI Ottawa/FS)