Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Asean Economic Ministers Roadshow Ke Kanada: ASEAN dan Kanada Sepakat Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, menyampaikan keynote address pada luncheon dengan kalangan dunia usaha Kanada di Toronto. (foto: DFATD)

Hubungan ASEAN dan Kanada memasuki babak baru melalui kegiatanASEAN Economic Ministers (AEM) Roadshow to Canada, tanggal 1 – 5 Juni 2014.Kegiatan ini diikuti oleh 10 pejabat tinggi dari negara-negara anggota ASEAN serta Dr. Lim Hong Hin, Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN. Pada kesempatan tersebut, Delegasi RI dipimpin oleh Djatmiko Bris Witjaksono, Direktur Kerjasama ASEAN, Kementerian Perdagangan, pada kegiatan 1 – 4 Juni 2014 dan Bapak Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Perdagangan, pada kegiatan tanggal 5 Juni 2014.

AEM Roadshow to Canada merupakan salah satu kegiatan konkrit antara ASEAN dan Kanada, menyusul peningkatan hubungan keduapihak dalam tiga tahun terakhir. Selama di Kanada, para pejabat tinggi ASEAN tersebut melakukan pertemuan dengan kalangan pemerintah serta dunia usaha Kanada, membahas berbagai kemungkinan kerjasama, antara lain, di bidang energi, transportasi, perdagangan, keuangan dan inovasi. Indonesia adalah country coordinator kegiatan ini  yang memberikan masukan-masukan konstruktif bagi peningkatan hubungan ASEAN – Kanada.

Menteri Perdagangan Kanada, Ed Fast, pada beberapa kesempatan selama AEM Roadshow to Canada, menegaskan komitmen untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan dengan ASEAN, seraya menggarisbawahi pentingnya kalangan dunia usaha Kanada untuk menjangkau ASEAN secara lebih aktif.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, dengan Menteri Perdagangan Kanada, Ed Fast (kedelapan dari kiri) beserta ketua delegasi dari negara-negara anggota ASEAN dan Deputi Sekjen ASEAN di Toronto, 5 Juni 2014. (Foto: DFATD)

Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi, dalam sambutannya pada Luncheon dengan kalangan dunia usaha utama Kanada  di Toronto, 5 Juni 2014, menyatakan dalam 20 tahun kedepan, ASEAN akan menjadi salah satu pasar konsumen dengan pertumbuhan tertinggi dunia dengan PDB sebesar USD10 triliun padat ahun 2030. Dikatakan, negara-negara ASEAN terus memperbaiki iklim investasi melalui sejumlah kebijakan di bidang keuangan, kompetisi, perlindungan konsumen hingga pembangunan infrastruktur. Untuk itu, Wamendag mengundang para pengusaha Kanada untuk datang sendiri ke ASEAN melihat berbagai peluang yang ada.

Hubungan ASEAN – Kanada dirintis sejak tahun 1977 dan kini telah berusia 37 tahun. Pada tahun 2013, volume perdagangan diantara kedua pihak mencapai hampir CAD17 milyar atau naik 7,3% dari 2012. Pada tahun 2011, ASEAN dan Kanada mengeluarkan Joint Declaration Between ASEAN and Canada on Trade and Investment guna mendorong dan meningkatkan kerjasama ekonomi. (HM/KBRI)