Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Peluang Besar Untuk Indonesia Dan Kanada: Pertemuan Dengan Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group (CIPFG)

Duta Besar RI untuk Kanada, H.E. Dienne H. Moehario dan CIPFG, Ottawa, 10 Juni 2014. Kiri ke kanan: Mr. Alain Giguere, M.P, Mr. Andrew Saxton, M.P., Mr. Leon Benoit, M.P., Senator Thanh Hai Ngo, Senator David Smith, Ms. Lois Brown, M.P., The Honourable Deepak Obhrai, M.P., H.E. Dienne H. Moehario, Senator Janis G. Johnson, Senator Asha Seth, Senator Suzanne Fortin Duplessis, Senator Salma Ataullahjan dan Senator Victor Oh

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada, H.E. Dienne H. Moehario menyampaikan update hasil Pemilu Legislatif 2014 di Indonesia dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan Juli tahun 2014, dalam kesempatan pertemuan dengan Canada-Indonesia Parliamentary Friendship Group (CIPFG) di Ottawa, 10 Juni 2014. Sebelas (11) Anggota CIPFG hadir, yaitu The Honourable Deepak Obhrai, M.P. (Co-Chair CIPFG), Senator Victor OH (Co-Chair CIPFG), Senator Asha Seth, Mr Leon Benoit, M.P., Senator David Smith, Senator Salma Ataullahjan, Senator Janis G. Johnson, Senator Suzanne Fortin Duplessis, Ms Lois Brown, M.P., Senator Dennis Dawson, Senator Thanh Hai Ngo dan Mr. Alain Giguere, M.P. Hadir pula Anggota Parlemen lainnya, yaitu Mr Andrew Saxton, M.P.

Indonesia sebagai emerging market memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan bekerja sama dengan Kanada. Oleh karena itu, Indonesia menyambut expertise dan investasi langsung Kanada di Indonesia untuk pengelolaan berbagai sumber daya dan potensi yang dimiliki. Perdagangan antara Indonesia dan Kanada diharapkan akan lebih inklusif di masa mendatang, sehingga bisa dinikmati oleh pengusaha skala kecil, menengah dan besar. Keberhasilan kerja sama perdagangan kedua negara di masa depan akan sangat ditentukan oleh hubungan kemitraan yang kuat antara pengusaha kecil dan menengah, serta di bidang usaha kooperasi.

Duta Besar Dienne H. Moehario berdiskusi dengan Mr. Deepak Obhrai, M.P., Co-Chair CIPFG

Atas nama CIPFG, Mr. Deepak Obhrai, M.P. menyampaikan penghargaan kepada Indonesia yang aktif mendorong hubungan yang lebih erat antara Parlemen Indonesia dan Kanada. Mr. Obhrai menyebutkan bahwa Parlemen Kanada dengan minat tinggi mengamati proses Pemilu di Indonesia dan sampai sekarang, Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang baik dalam proses demokratisasi. Mengenai dua (2) pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Mr. Obhrai menyampaikan bahwa Parlemen Kanada tidak berpihak kepada calon tertentu; sebaliknya mereka akan mendukung pilihan rakyat Indonesia.

CIPFG menyatakan bahwa Kanada memahami pengaruh Indonesia di ASEAN, dengan potensi pasar yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang stabil. Senat Kanada berencana untuk melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada tahun ini. (SM/KBRI Ottawa)