Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Masyarakat Indonesia di Kanada Memilih Presiden dan Wakil Presiden RI

Proses Pemungutan Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI di TPSLN KBRI Ottawa, 5 Juli 2014

Duta Besar Dienne H. Moehario menggunakan hak pilihnya

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI diselenggarakan di KBRI Ottawa tanggal 5 Juli 2014, pukul 08.00-18.00. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) 2014 Ottawa, Kanada mencatat terdapat 645 (enam ratus empat puluh lima) masyarakat Indonesia di bawah akreditasi KBRI Ottawa yang memiliki hak pilih. Terdapat 103 (seratus tiga) masyarakat Indonesia datang ke Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) KBRI Ottawa yang dengan tertib serta semangat menyalurkan aspirasi  mereka untuk memilih salah satu dari 2 (dua) pilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, yaitu pasangan Prabowo Subianto РHatta Rajasa dan pasangan Joko Widodo РYusuf Kalla.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, yang terdiri dari 7 (tujuh) anggota masyarakat Indonesia di Kanada, memulai Acara Pemungutan Suara dengan mengumumkan Daftar Pemilih dan memberikan salinannya kepada saksi. Terdapat 1 (satu) saksi yang hadir, yaitu dari Pasangan Prabowo-Hatta. Selanjutnya, KPPSLN mengucapkan sumpah atau janji Anggota KPPSLN, membuka kotak suara dan mengeluarkan seluruh isi kotak suara, mengidentifikasi dan menghitung jenis dan jumlah dokumen serta peralatan pemungutan dan penghitungan suara, serta memberikan penjelasan kepada pemilih tentang proses dan tata cara pemberian suara di TPSLN. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian suara oleh masyarakat Indonesia di Kanada.

Selain pemungutan suara secara langsung, PPLN Ottawa memfasilitasi 534 (lima ratus tiga puluh empat) pemilih yang menggunakan hak pilih melalui pos. Pemilih pos tersebut tersebar di Ottawa, Provinsi Quebec, Provinsi Nova Scotia, Provinsi New Brunswick, Provinsi Prince Edward Island, Provinsi Newfoundland and Labrador dan Nunavut. Batas waktu penyerahan surat suara melalui pos adalah tanggal 14 Juli 2014.

Pada 9 Juli 2014, PPLN Ottawa melakukan penghitungan pemungutan suara secara langsung di TPSLN. Prabowo-Hatta mendapatkan 17 (tujuh belas) suara dan Jokowi-Kalla memperoleh 84 (delapan empat) suara. Terdapat 2 (dua) suara tidak sah.

Pada 14 Juli 2014, PPLN Ottawa melakukan perhitungan suara melalui pos. Prabowo-Hatta mendapatkan 53 (lima puluh tiga) suara dan Jokowi-Kalla mendapatkan 186 (seratus delapan puluh enam) suara. Terdapat 26 (dua puluh enam) suara tidak sah.

Proses perhitungan suara pada 14 Juli 2014

Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2014 oleh PPLN Ottawa juga dilaksanakan tanggal 14 Juli 2014. Berdasarkan pemungutan suara secara langsung di TPSLN KBRI Ottawa dan suara yang diterima melalui pos, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 70 (tujuh puluh) suara dan pasangan Jokowi-Kalla memperoleh 270 (dua ratus tujuh puluh) suara. Terdapat 28 (dua puluh delapan) suara tidak sah.(SM/KBRI Ottawa)