Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Penyerahan Surat Kepercayaan Duta Besar Republik Indonesia Untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah, Kepada Sekretaris Jenderal International Civil Aviation Organization (ICAO)

Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah, telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Sekretaris Jenderal International Civil Aviation Organization (ICAO) di Kantor Pusat ICAO di Montreal, 5 Desember 2014. Dengan penyerahan Surat Kepercayaan tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kanada telah resmi bertugas sebagai Wakil Tetap RI pada ICAO.

Pertemuan Dubes RI dengan Sekretaris Jenderal ICAO dan Presiden Dewan ICAO di Kantor Pusat ICAO, Montreal

Setelah penyerahan Surat Kepercayaan, Duta Besar RI untuk Kanada mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ICAO dan Presiden Dewan ICAO.  Pada Pertemuan tersebut, Duta Besar RI menyampaikan visi dan tujuan Pemerintah RI untuk membangun dan mengembangkan transportasi maritim dan udara, yang penting untuk konektivitas di Indonesia. Duta Besar RI menekankan bahwa Indonesia akan melanjutkan dan meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan ICAO di bidang keselamatan dan keamanan penerbangan serta lingkungan untuk meningkatkan kapasitas transportasi udara dan keselamatan penerbangan sipil di Indonesia.

Presiden Dewan ICAO mengakui Indonesia sebagai negara besar dalam dunia penerbangan sipil dan menyampaikan penghargaan atas kesungguhan komitmen, keterlibatan konstruktif dan partisipasi aktif Indonesia di ICAO  selama ini. Sekretaris Jenderal ICAO mengakui partisipasi aktif Indonesia di ICAO selama ini dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah mendukung kegiatan besar ICAO,  yaitu menjadi tuan rumah ICAO Conference on Air Service Negotiation (ICAN) 2014 di Bali, pada 17-24 November 2014, yang memecahkan rekor partisipasi terbesar pada ICAN, yaitu 78 Negara/Wilayah (Territory) dan satu badan regional, dihadiri sekitar 440 perunding yang melakukan 500 perundingan dan menghasilkan 530 persetujuan (agreement) dan pengaturan (arrangement) di bidang transportasi udara. Keduanya mengharapkan agar kerjasama Indonesia dan ICAO dapat terus ditingkatkan.

Setelah Pertemuan tersebut, Duta Besar RI didampingi Ibu Andis Faizasyah serta homestaff KBRI Ottawa, menghadiri rangkaian acara peringatan 70 tahun Konvensi Chicago di Kantor Pusat ICAO, yaitu Acara Peringatan 70 tahun Konvensi Chicago, Pembukaan Museum ICAO, Resepsi, yang diadakan oleh the Honorable Denis Lebel, Minister of Infrastructure, Communities and Intergovernmental Affairs and Minister of the Economic Development Agency of Canada; Philippe Couillard, Premier Quebec dan the Honorable Denis Coderre, Mayor of Montreal.

ICAO adalah salah satu badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa, berkedudukan di Montreal, Provinsi Quebec, Kanada, yang menangani penerbangan sipil internasional. (FMS-CM, KBRI Ottawa).