Kedutaan Besar Republik Indonesia
Ottawa
Embassy of the Republic of Indonesia
Ambassade de la RÉpublique d'Indonésie

Pertemuan Dengan Presiden Canada World Youth dan Silahturahmi Dengan Masyarakat serta Diaspora Indonesia Menjadi Agenda Kunjungan Kerja Duta Besar RI ke Montreal

Dalam rangka peningkatan jejaring (networking) di Kanada, Duta Besar RI, Dr. Teuku Faizasyah, telah melakukan kunjungan kerja ke Montreal tanggal 5-6 Desember 2014. Agenda kunjungan kerja tersebut diantaranya adalah pertemuan dengan President and Chief Executive Officer Canada World Youth (CWY), Rita S. Karakas, dan silahturahmi dengan masyarakat serta diaspora Indonesia.

Pertemuan Duta Besar RI dan Ibu Andis Faizasyah dengan Canada World Youth (CWY) di Montreal

Rita S. Karakas menyambut hangat kunjungan Duta Besar RI ke kantor pusat Canada World Youth (CWY). Pada pertemuan tersebut Rita S. Karakas menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara mitra penting bagi Kanada. Indonesia juga merupakan salah satu daftar negara prioritas program pembangunan Kanada. Terkait CWY Exchange Program yang dilakukan dengan Indonesia selama 40 tahun terakhir, Indonesia dinilai sukses karena banyak alumninya yang memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia di segala bidang, seperti Duta Besar RI dan Ibu Andis Faizasyah. Dalam rangka memperingati 40 tahun kerjasama Indonesia-CWY, Rita S. Karakas mengusulkan untuk mengadakan kegiatan besar pada tahun 2015 di Montreal. Selain itu, dalam rangka meningkatkan kerjasama Indonesia-CWY, Sdri. Rita Karakas menginginkan CWY menjalin kerjasama dengan mitra civil society organization (CSO) Indonesia.

Sementara itu pada tanggal 6 Desember 2014, Duta Besar RI mengadakan silahturahmi dengan masyarakat dan diaspora Indonesia yang dihadiri 102 peserta, termasuk pasangan kawin campur, mahasiswa dan anak-anak.

Pada kesempatan ini Duta Besar RI menjelaskan mengenai beberapa prioritas kebijakan luar negeri Presiden Joko Widodo, yaitu Perlindungan WNI dan BHI serta peningkatan kerjasama ekonomi. Terkait hal ini, Duta Besar RI mengajak peran serta masyarakat dan diaspora Indonesia di Kanada untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

Duta Besar RI dan Ibu Andis Faizasyah bersama Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada cabang Montreal (PERMIKA Montreal) pada Silahturahmi dengan masyarakat dan diaspora Indonesia di Montreal

Wakil-wakil kelompok masyarakat Indonesia, yaitu Asosiasi Masyarakat Indonesia di Provinsi Quebec (Association de la Communauté Indonésienne du Québec/AQIC), Kelompok Pengajian Syiar Montreal, Komunitas Katolik Indonesia di Montreal, dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Kanada cabang Montreal (PERMIKA Montreal), menyambut baik diadakannya acara silahturahmi tersebut. Acara seperti ini dinilai semakin mempererat hubungan KBRI Ottawa dengan masyarakat Indonesia dan memutakhirkan pengetahuan masyarakat tentang perkembangan di tanah air.

Pada kesempatan tersebut, KBRI Ottawa membagikan buku saku “Peraturan Dasar Pelayanan WNI” yang berisi materi kekonsuleran dan keimigrasian seperti:  (a) ajakan untuk melakukan lapor diri; (b) pengurusan kewarganegaraan ganda terbatas; (c) pengurusan Paspor RI; (d) penerbitan surat-surat kependudukan dan legalisasi dokumen; (d) informasi mengenai Ijin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Ijin Tinggal Tetap (ITAP) di Indonesia bagi WNA; dan (e) jenis-jenis Visa ke Indonesia.

Besar RI dan pengunjung restoran Indonesia di Montreal

Di sela-sela kunjungan kerja ke Montreal, Duta Besar RI menyempatkan mengunjungi dan bersantap siang di salah satu restoran Indonesia di Montreal. (FMS-DES, KBRI Ottawa).